Jumat, 04 Okt 2019 18:00 WIB

Jumpalitan, Ini Jenis Kecelakaan yang Dialami Marquez di Thailand

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: dok. Instagram Marc Marquez
Jakarta - MotoGP Thailand belum memasuki race day, tapi sudah ada insiden besar yang terjadi di free practice I, Jumat (4/10/2019). Pebalap Repsol Honda Marc Marquez mengalami kecelakaan parah di latihan bebas, bahkan motornya sampai terguling-guling dan hancur parah. Tampak juga ban sampai pecah dan pelek terlepas dari swingarm.

Dalam kamus MotoGP, kecelakaan yang dialami Marquez masuk dalam kategori kecelakaan high side. Kecelakaan ini terjadi akibat roda belakang kehilangan traksi. Kecelakaan ini umumnya berujung fatal, sebab roda belakang menjadi liar dan tidak terkendali.



Roda belakang yang tidak terkendali membuat pengendaranya terpelanting sekaligus terbanting. Akibat kecelakaan ini tak jarang membuat pebalap mengalami cedera yang cukup serius.

Untuk informasi, Marquez sendiri mengalami kecelakaan high side tersebut menjelang akhir sesi latihan bebas pertama. Dalam kecepatan tinggi di tikungan sirkuit Buriram, Jumat (4/10/2019), Marquez terjatuh.

Kendati motornya terbang dan terguling-guling, Marquez bisa selamat dari efek fatal dan meluncur di gravel. Melansir crash.net, Marquez sempat ditandu oleh tim medis, tetapi akhirnya sang pemilik nomor 93 bisa berdiri dan berjalan tertatih-tatih menuju mobil ambulans.

"Marc mengalami kecelakaan besar seperti yang Anda semua lihat. Untungnya, dia baik-baik saja. Dia pergi ke pusat medis dan rumah sakit untuk memeriksa semuanya. Mereka melakukan MRI scan pada Marquez dan semuanya terlihat baik-baik saja," kata manajer tim Alberto Puig.



Simak Video "Wawancara Spesial Juara Dunia MotoGP Marc Marquez"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com