Selasa, 23 Jul 2019 20:05 WIB

Motor Pelan Berbuntut Rumor Valentino Rossi Pensiun

Dina Rayanti - detikOto
Valentino Rossi. Foto: Filippo Monteforte/AFP Valentino Rossi. Foto: Filippo Monteforte/AFP
Jakarta - Pebalap kawakan asal Italia Valentino Rossi tengah diterpa rumor tak sedap. Rossi dikabarkan akan segera undur diri dari balapan MotoGP. Hal itu terungkap usai bos Yamaha MotoGP Lin Jarvis menyebut Rossi bukan lagi bagian dari masa depan Yamaha.

Penampilan Rossi sepanjang musim 2019 memang tak cemerlang. Performa buruk Rossi sendiri sebenarnya sudah terlihat sejak tahun 2016 dan masih terus berlanjut hingga saat ini.


Tahun 2016, Rossi hanya bisa memenangi dua balapan. Kemudian setahun setelahnya hanya satu podium utama yang diraih Rossi. Koleksi juara pertama Rossi belum bertambah sejak itu. Tapi setidaknya Rossi masih bisa untuk berdiri di podium kedua ataupun ketiga.

Memasuki musim 2019, Rossi tampil biasa saja. Dimulai balapan dari Qatar Rossi hanya berhasil finish kelima, kemudian Rossi seolah menemukan setelan pas pada Yamaha YZR-M1 hingga bisa merebut tempat kedua pada balapan di Texas dan Argentina. Diharapkan bisa tampil menjanjikan di Eropa, yang terjadi malah sebaliknya.

Valentino Rossi saat terjatuh di Assen, Belanda. Valentino Rossi saat terjatuh di Assen, Belanda. Foto: Mirco Lazzari/Getty Images


Tak satupun podium yang bisa diraih Rossi pada seri balapan Le Mans, Mugello, Barcelona, dan terakhir Assen. Pebalap berjuluk 'The Doctor' itu pun sempat mengeluhkan salah satu faktor yang membuatnya tampil kurang cemerlang adalah akselerasi motor yang pelan.

Hal itu disebut Rossi membuat Yamaha YZR-M1 sulit untuk beradu dengan Honda RC213V dan Ducati Desmosedici yang dalam dua tahun terakhir mendominasi balapan MotoGP.


"Sekarang saya tidak merasa depresi tapi justru sedih karena motor pelan," sebut Rossi usai balapan di Mugello Juni lalu.

"Saat yang lain (Honda, Ducati, Suzuki, dan pabrikan lain) menyelesaikan masalah, kami malah menemukan permasalahan baru. Sejak paruh kedua musim 2016, pabrikan lain membuat perubahan besar dan kami terlihat abu-abu. Itu bisa terlihat dari performa motor kami yang tak berubah banyak. Untuk saya ini menjadi masalah," tambahnya.

Valentino RossiValentino Rossi Foto: Mirco Lazzari/Getty Images


Permasalahan motor belum usai, Rossi malah diterpa isu baru tentang masa depannya bersama Yamaha. Meski begitu, diungkapkan sang ayah Rossi tak berpengaruh akan rumor yang tersebar luas tentang dirinya yang tidak memiliki masa depan di Yamaha.


"Pengembangan motor itu sendiri sudah sulit baginya. Ini bukan misteri lagi, semua orang tahu kalau Yamaha merupakan motor terpelan di antara para kompetitornya baik itu dari kecepatan maksimal maupun akselerasi. Setelan pas merupakan kunci untuk memperbaiki semuanya apalagi di trek lurus," ujar sang ayah membela Graziano Rossi dalam sebuah wawancara dengan Gazzetta Sportiva.

"Saya yakin di Brno, 4 Agustus, Vale akan dalam kondisi 80% dan di GP selanjutnya dia bisa bersaing meraih podium lagi. Saya berbagi tentang fokus Rossi, tapi juga optimismenya. Dan di atas semua itu, saya akan senang jika dia terus melaju," ucap Graziano berharap.

Simak Video "Kebersamaan Rossi dan Yamaha di MotoGP Segera Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com