Selasa, 21 Mei 2019 08:42 WIB

Ducati Tak Sanggup Kejar Honda di Le Mans

Ridwan Arifin - detikOto
Andrea Dovizioso. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Andrea Dovizioso. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Le Mans - Andrea Dovizioso tak dapat memberi perlawanan kepada Marc Marquez di MotoGP Prancis, Le Mans, Minggu (19/5/2019) malam WIB. Rider Ducati ini tak bisa mengambil risiko terlalu jauh, dan akhirnya finish di posisi kedua.

Marquez nyaris tak tersentuh pada balapan ini. Sedangkan Dovizioso sendiri mesti berjuang memperbaiki posisi setelah sempat turun ke urutan tujuh pada putaran pertama, saat mendapat posisi start keempat. Hingga akhirnya dia harus puas finis dengan jarak 1,984 detik di belakang Marquez.


Dovizioso mengungkapkan motornya cukup besar untuk bersaing dengan Marquez, namun ia mengakui Honda saat ini lebih kuat dan memiliki kesempatan lebih memenangkan balapan di seri Prancis.

"Honda dan Marc pada situasi ini sedikit lebih kuat dari kami (Ducati). Kita lebih membutuhkan lebih dari sebuah catatan waktu, jadi kita lebih memilih mengatur konsumsi ban lebih baik dan saya telah berjuang hari ini," ungkapnya dikutip Crash, Senin (20/05/2019).

"Untuk finis di posisi kedua itu bagus, saya tak bisa menempel Marc. Dia sedikit lebih cepat dan saya tak mau mengambil risiko. Cengkeraman ban soft menurun terlalu banyak di akhir balapan. Finis kedua sudah bagus, tapi saya sebenarnya menginginkan lebih," imbuhnya.

Usai ditinggal jauh Marquez. Pebalap berusia 33 tahun itu kemudian bersaing sengit dengan rekan setimnya Danilo Petrucci yang mengakhiri balapan di posisi ketiga.


Ia mengaku senang, sebab Ducati membiarkan keduanya adu cepat. Mereka tak menerapkan strategi seperti di Formula One (F1), di mana salah satu dari pebalap bisa saja diminta untuk mengalah.

"Jika Anda berada di F1, ya ini akan dilakukan (team order), tapi di ajang ini tidak kami terapkan, dan terutama ini masih awal musim. Tergantung dari arah mana Anda melihat hal ini. Jika anda ingin meraih (poin) maksimal mungkin ini adalah ide bagus, tapi dalam olahraga kami sebagian besar waktu harusnya tak seperti ini," ujar Dovizioso. (riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya