Senin, 04 Feb 2019 19:04 WIB

Usai Motoran, Valentino Rossi Ingin Jajal Balap Dakar

Ruly Kurniawan - detikOto
Valentino Rossi di Jakarta, Senin (4/2/2019) (Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah) Valentino Rossi di Jakarta, Senin (4/2/2019) (Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah)
Jakarta - Pebalap MotoGP Valentino Rossi ternyata memiliki ketertarikan tersendiri bermain mobil khususnya di reli. Bahkan ia berencana menjajal Reli Dakar.

Belum diketahui kelas apakah yang akan ia ambil. Namun yang jelas Rossi ingin membuktikan bahwa dirinya tak hanya jago berkendara motor. Itu rencananya akan dilakukan Rossi setelah pensiun di MotoGP.



"Paris Dakar. Saat saya berhenti dengan MotoGP, saya mau coba lanjut dengan mobil karena itu sudah jadi passion besar saya," ujarnya di Jakarta, Senin (4/2/2019).

"Paris Dakar adalah balapan yang sangat menyenangkan. Jadi, kenapa tidak?," lanjutnya.

Memang, persiapan yang dilakukan akan lebih banyak. Namun hal itu tak memutus semangat Rossi untuk merealisasikan rasa penasarannya tersebut. "Memang akan lebih sulit karena banyak hal yang harus dipersiapkan. Tapi saya sangat penasaran untuk mencobanya. Mungkin, tak menutup kemungkinan, saya akan coba suatu hari nanti," lanjut Rossi.

Diketahui, Rossi telah melakoni debut MotoGP selama 19 tahun. Saat itu, balap motor premium itu masih bernama GP 500cc. Rossi memperkuat tim Honda dan turun pertama kali dalam GP Afrika Selatan pada 19 Maret 2000.

Sejak menyabet gelar juara pertamanya pada musim balap 2001, semangat Rossi di aspal nampak tak terbendung. 5 kali balapan berturut-turut terus ia menangkan yakni pada 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, sampai 2009. Tak berhenti, pria kelahiran Italia itu terus menuai torehan gemilang.

Rossi pun beberapa kali sempat mencoba ngebut dengan mobil reli.

Sedangkan kejuaran Rally Dakar ialah salah satu cabang olahraga ekstrem yang pesertanya menggunakan berbagai kendaraan. Mulai dari mobil, truk, hingga sepeda motor. Jelas, ada kelasnya masing-masing yang terbagi pada jenis kendaraan dan ukurannya. Biasanya, lajur yang dipilih pada kejuaraan ini merupakan jalanan berpasir dan bergelombang. Sehingga hal tersebut lebih menantang dan jadi hiburan menarik bagi penontonnya. Tak sedikit peserta yang mengalami cedera.

[Gambas:Video 20detik]



(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed