Senin, 04 Feb 2019 17:36 WIB

Intip Spesifikasi Motor Monster Rossi dan Vinales

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Motor Balap Rossi dan Vinales. Foto: Grandyos Zafna Motor Balap Rossi dan Vinales. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Tim Monster Energy Yamaha MotoGP sudah merilis motor balap tunggangan Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Peluncuran motor MotoGP Yamaha tersebut digelar di Four Seasons Hotel, Jakarta, Senin (4/2/2019).

Perubahan paling utama pada motor Yamaha YZR-M1 ini ada pada livery-nya. Kini motor tersebut berwarna hitam-biru ala Yamaha Factory Racing blue dan Monster Energy black.

Lantas bagaimana dengan spesifikasinya? Secara garis besar, spesifikasi Yamaha YZR-M1 untuk berlaga di MotoGP tidak berubah. Namun, tim Yamaha melakukan penyempurnaan agar motor bisa menjadi yang terdepan.



Motor tunggangan Rossi dan Vinales ini menggendong mesin 1.000 cc berpendingin cairan. Mesin itu mengusung konfigurasi empat silinder segaris dengan crossplane crankshaft. Mesin dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.

Mesin mampu menyemburkan tenaga hingga lebih dari 240 daya kuda. Sehingga kecepatan lebih dari 350 km/jam bisa dipacu di atas lintasan.

Motor menggunakan sasis aluminium twin-tube Delta Box dengan multi-adjustuble steering geometry. Di belakang juga terdapat swingarm aluminium.

Untuk menunjang kestabilan ketika menikung, Yamaha YZR-M1 dibekali suspensi depan upside down Ohlins dan suspensi belakang dari Ohlins juga. Sistem ECU dipasok oleh Magneti Marelli sesuai regulasi FIM.



Motor ini pakai pelek forged magnesium berukuran 17 inci di depan dan belakang. Pelek itu dibalut ban Michelin 17 inci dengan konfigurasi slick untuk lintasan kering dan ada pula ban basah.

Tenaga yang besar hingga kecepatan tinggi tentunya membutuhkan sistem pengereman yang mumpuni. Motor balap andalan Rossi dan Vinales ini dilengkapi dengan rem Brembo dua piringan di depan dengan ukuran 320 mm atau 340 mm karbon beserta kaliper empat piston di masing-masing piringan. Di belakang terdapat rem dengan piringan stainless steel.

Motor ini punya bobot 157 kg sesuai regulasi FIM. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed