Dashcam Kini Tak Cuma Merekam Jalanan: Bisa Peringatkan Pengemudi Kalau Terlalu Ngebut

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 06 Apr 2022 11:25 WIB
Dashcam Blackvue
Foto: Dok. Blackvue. Dashcam Blackvue.
Jakarta -

Teknologi dashboard camera atau dashcam semakin berkembang pesat. Tak hanya bisa merekam kejadian selama mobil dikendarai, dashcam kini memiliki fungsi yang lebih canggih, sehingga bisa digunakan untuk sistem safety yang bisa memperingatkan pengemudi jika berkendara melebihi batas kecepatan.

Produsen dashcam, Blackvue, menghadirkan produk baru dashcam 3 channel untuk full pemantauan, baik di luar maupun di dalam kendaraan. Dinamakan DR750X-3CH Plus, dashcam ini berjenis tiga channel dengan konektivitas Cloud, kedua kamera depan dan belakang menggunakan lensa Sony Starvis.

Interior kamera dashcam ini klaimnya bisa merekam, bahkan di kondisi kegelapan penuh karena dilengkapi dengan LED infrared. Dashcam tersembunyi ini juga dilengkapi dengan built in GPS untuk merekam kecepatan mobil dan menyimpan lokasi mobil, Wi-Fi dan Parking mode bawaan melalui pemasangan kabel yang sudah disertakan.

Dashcam ini juga memiliki dukungan cloud via Wi-Fi hotspot dan optional modul USB plug-in LTE. Selain itu, sudah terdapat fitur Seamless Pairing, di mana smartphone pengendara bisa terkoneksi ke dashcam dengan mudah.

Fitur baru lainnya ada Native Parking mode, di mana kini tipe-tipe terbaru Blackvue sudah dilengkapi dengan fungsi parkir, yang terintegrasi unit Blackvue. Anda tinggal menghubungkan kabel bawaan dengan mobil Anda, kemudian bisa memantau mobil ketika mobil Anda ditinggal di tempat parkir maupun di pinggir jalan. Untuk menghemat baterai mobil, fungsi parkir ini dilengkapi dengan pengaturan waktu, untuk memantau 1 jam, 2 jam, maupun lebih.

Dengan penambahan Modul Modem CM100-LTE ataupun melalui hotspot, Blackvue DR750X-3CH bisa terkoneksi dengan cloud dan bisa diakses dari mana saja. Pantau bagian dalam mobil maupun bagian luar mobil, lokasi mobil berada, bahkan bisa menerima peringatan ketika mobil melewati batas kecepatan yang ditentukan, berbelok tajam, rem mendadak ataupun akselerasi.

Blackvue DR750X-3CH Plus dibanderol dengan harga Rp 8.690.000. Adapun harga Blackvue dashcam berkisar dari Rp 2 juta sampai Rp 11 juta, tergantung dari tipe dan fungsi yang diinginkan.

(lua/din)