Sabtu, 11 Agu 2018 15:31 WIB

Saat Toyota HiAce seperti Rumah, Hasilnya Keren Abis!

Ruly Kurniawan - detikOto
Modifikasi HiAce Foto: Ruly Kurniawan Modifikasi HiAce Foto: Ruly Kurniawan
Tangerang - Memodifikasi kendaraan menjadi karavan atau campervan sudah banyak dilakukan di luar negeri. Namun, di Indonesia baru segelintir kalangan saja yang melakukan modifikasi tersebut untuk keperluan piknik atau perjalanan jauh. Alasannya, selain biaya yang tidak murah van yang dijual di Indonesia kurang mumpuni.



Tapi tidak untuk perusahaan desain interior mobil dalam negeri, Baze. Memanfaatkan pameran otomotif tahunan, Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2018, Baze membawa beberapa van atau minibus dengan interior mewah. Salah satunya adalah HiAce karavan.

Toyota Hiace berubah menjadi rumahToyota Hiace berubah menjadi rumah Foto: Ruly Kurniawan


"Ini produk terbaru kita yang diperuntukkan bagi keluarga kecil yang senang berpergian atau kamping maupun mudik. Jadi mereka tak perlu repot mencari tempat penginapan karena bisa dilakukan di dalam mobil," ucap salah satu Marketing Baze, Panca, saat berbincang bersama detikOto di GIIAS 2018, ICE BSD, Tangerang.
Saat Toyota HiAce seperti Rumah, Hasilnya Keren Abis!


Di dalam kabin Toyota HiAce karavan itu tak lagi tampak bangku 9 penumpang yang meghadap depan. Tetapi sudah diubah menjadi 2 bangku kecil yang berhadapan dan dipisahkan oleh meja, dan satu sofa. Menariknya, semua bangku bisa direbahkan sehingga nyaman untuk dibuat tidur.

Lapisan bangku juga tak lagi dari kulit yang keras melainkan bahan yang lebih halus seperti sofa rumahan. Karpet juga dibuat lembut seperti diruang tamu.

modifikasi HiAce modifikasi HiAce Foto: Ruly Kurniawan


Tak sampai disana, beberapa ruang penyimpanan juga sudah dipasang lengkap beserta dapur kecil. Cukup untuk memotong bahan bakanan.

Kulkas berukuran kecil dan WC portable juga sudah terdapat di dalam mobil. "Jadi benar-benar bisa tinggal di dalam dalam jangka waktu yang cukup lama. Ini kita buat pemisah ke kursi supir juga agar kalau istirahat tak terganggu," ujar Panca.



Ketika malam tiba, mobil masih menyuguhkan kenyamanan maksimal. Lampu di langit-langit serta pendingin ruangan tetap menyala. Hanya saja Otolovers harus menyalakan genset yang sudah disediakan.

Berminat? Pihak Baze membanderol modifikasi tersebut senilai Rp 270 jutaan. Otolovers juga mendapat tenda tambahan yang disambungkan ke mobil sehingga bisa digunakan untuk barbeque atau keperluan lain di luar mobil.

"Ini semua sistem masih standar, kita hanya ubah interior saja sehingga asuransi mobil tidak hangus. Untuk interior yang kami kerjakan, dapat asuransi setahun," tutup Panca.



Cek juga video Toyota Pamerkan Mobil Masa Depan di GIIAS 2018 (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com