Jumat, 20 Apr 2018 17:45 WIB

Laporan dari IIMS 2018

Honda Sempat Ragu Boyong PCX Hybrid ke Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Honda PCX Hybrid, motor hybrid pertama di Indonesia. Foto: Rengga Sancaya Honda PCX Hybrid, motor hybrid pertama di Indonesia. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Produsen motor asal Jepang Honda untuk pertama kalinya membawa motor berteknologi hybrid ke Tanah Air. Meski bukan terbilang baru di telinga orang Indonesia, namun belum banyak masyarakat yang mengerti soal teknologi ini. Sehingga keberadaan kendaraan berteknologi hybrid di sini masih jarang terlihat berseliweran di jalanan-jalanan RI.

Hal itu juga membuat Honda ragu saat akan meluncurkan motor hybridnya di Indonesia. Itu karena Honda belum sempat melakukan survei terkait motor hybrid ini.


"Pada saat kami rencanakan menghadirkan PCX hybrid ini kami belum sebenarnya kami belum melakukan survei ke konsumen di indonesia. Dan sebenarnya kami sangat kebinguan awalnya dan juga berpikir snagat dalam apakah memang akan dimasukkan, di luncurkan atau tidak di pasar Indonesia untuk tawaran tersebut," kata President Director Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma di Jakarta.

"Mengapa kami kebingungan karena memang yang pertama kami belum bisa memastikan apakah itu di butuhkan apakah itu memang suatu harapan dari konsumen yang ada di Indonesia atau tidak," jelas Inuma lagi.


Kendaraan berteknologi hybrid memang biasanya menawarkan konsumsi BBM yang lebih irit dibandingkan mesin konvesional seperti bensin atau diesel.

"Yang kedua apakah memang untuk yang roda dua menggunakan hybrid bisa memberikan benefit seperti yang diberikan untuk roda empat, mau ngak mau kami memastikan apakah itu memang memberikan kepuasan nantinya atau tidak kepada konsumen," ucap Inuma.


Inuma mengatakan pihaknya tak menutup kemungkinan untuk menyematkan teknologi hybrid di model lain selain PCX.

"Kepada RnD kami juga sudah meminta untuk bisa mengasah lagi kemampuan teknologi yang dimiliki oleh RnD honda agar nantinya mampu untuk membuatkan hybrid tersebut untuk dipasangkan kepada Vario atau pun BeAT kita," pungkasnya. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com