Belum Banyak yang Tahu, Warga di Agats Sejak 2007 Pakai Kendaraan Listrik

ADVERTISEMENT

Belum Banyak yang Tahu, Warga di Agats Sejak 2007 Pakai Kendaraan Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 24 Jan 2023 10:09 WIB
Dalam kunjungannya ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Presiden Jokowi menaiki motor listrik bersama Ibu Iriana. Motor listrik tersebut rupanya rakitan Gresik.
Presiden Jokowi menggunakan motor listrik di Agats. (Foto: dok. Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia akhir-akhir ini gencar memberikan dukungan terhadap kendaraan listrik yang dinilai lebih ramah lingkungan. Tapi, ternyata kendaraan listrik bukan barang baru di Indonesia. Di wilayah Indonesia Timur, sudah banyak beredar kendaraan listrik.

Salah satunya di Kota Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan. Warga di sana sudah menggunakan kendaraan listrik sejak tahun 2007.

"Tidak banyak yang tahu jika sejak 2007 warga di Kota Agats Kabupaten Asmat (Provinsi Papua Selatan) sudah menggunakan kendaraan listrik (electric vehicle) untuk bermobilitas. Keterbatasan mendapatkan BBM salah satu kendala pada waktu itu," kata pengamat transportasi yang juga Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata Djoko Setijowarno, Selasa (24/1/2023).

Pada tahun 2018, setidaknya ada 1.280 motor listrik yang berlalu-lalang dan digunakan oleh penduduk di Agats. Sementara kendaraan berbahan bakar fosil jarang, atau bahkan hampir tidak ada.

"Motor dengan BBM biasanya hanya digunakan oleh pihak kepolisian, sedangkan kendaraan berupa mobil hanya dipakai oleh rumah sakit dalam bentuk ambulans atau mobil pemerintah," ujar Djoko.

Menurutnya, saat ini sudah ada lebih dari 4.000 unit kendaraan listrik di sana. Menariknya, motor listrik di distrik tersebut dikategorikan sebagai sepeda.

"Penggunaan pelat nomor hanya penanda sebagai pengganti stiker retribusi, sehingga para pemiliknya tidak memiliki STNK atau SIM dan tidak dikenakan pajak kendaraan," sebutnya.

"Kota Agats adalah kota tanpa lampu pengatur lalu lintas ( traffic light), sangat minim kecelakaan lalu lintas, tidak ditemukan Polisi Lalu Lintas berada di tepi jalan. Tidak ada Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), meskipun mayoritas menggunakan motor lsitrik," sambung Djoko.



Simak Video "Subsidi Kendaraan Listrik Menguntungkan Orang Kaya, Emang Iya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT