Viral Pemotor Ngobrol Sampai Tutup Jalan Berujung Kecelakaan

ADVERTISEMENT

Viral Pemotor Ngobrol Sampai Tutup Jalan Berujung Kecelakaan

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 06 Des 2022 20:06 WIB
Pemotor Ngobrol di Tengah Jalan Berujung Kecelakaan
Pemotor Ngobrol di Tengah Jalan Berujung Kecelakaan (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Kejadian kecelakaan di Malaysia ini bisa menjadi pelajaran penting bagi para pengendara di jalan raya. Gerombolan pemotor itu ngobrol di tengah jalan sampai menutup jalan. Nahas, aksi itu berujung kecelakaan.

Video ini viral di Twitter. Sekolompok pemotor mengendarai motornya dengan jarak yang berdekatan. Kelompok depan yang terdiri dari empat pemotor tampak sedang mengobrol sambil berjalan.

Tidak sepenuhnya jelas dari rekaman apakah pengendara motor di belakang empat pemotor itu adalah bagian dari rombongan juga atau bukan. Namun, satu pemotor di belakang rombongan menabrak salah satu pemotor yang tengah ngobrol. Keduanya yang bertabrakan satu sama lain, melakukan kontak di belakang grup.


Dari peristiwa ini, ada beberapa pelajaran penting yang bisa diambil. Pertama, sebagai pengendara kita harus memperhatikan pengguna jalan lain.

Jika melakukan perjalanan bersamaan, jangan ngobrol di tengah jalan. Kalau mau berdiskusi panjang sebaiknya segera menepi di tempat yang aman dan cukup ruang untuk memarkirkan motor. Atau, kalau perlu pakai alat komunikasi semacam intercom untuk berdiskusi sesama grup pemotor.

Saat berkendara dalam kelompok, ingat selalu untuk menjaga jarak. Dengan menjaga jarak, kita bisa mengambil tindakan tepat jika ada hal-hal yang tidak diduga.

Poin penting lainnya adalah penggunaan helm. Terlihat dalam video viral itu helm salah satu pemotor yang kecelakaan terlepas dari kepalanya. Jika sudah terlepas, maka helm tidak bisa lagi melindungi kepala. Pelajaran pentingnya, selalu mengenakan helm yang sesuai standar dan mengikat tali dagu dengan benar sehingga helm benar-benar memproteksi kepala.



Simak Video "Jangan Sembrono! Ini Bahaya Naik Motor Dekat-dekat Bus dan Truk"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT