Rencana Subsidi Rp 6,5 Juta, Ini Respon Merek Motor Listrik Buatan Cikupa

ADVERTISEMENT

Rencana Subsidi Rp 6,5 Juta, Ini Respon Merek Motor Listrik Buatan Cikupa

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 06 Des 2022 12:39 WIB
Proses perakitan motor listrik Charged
Motor listrik charged Foto: dok. Charged Indonesia
Jakarta -

Pemerintah Indonesia dikabarkan bakal memberikan subsidi sebesar Rp 6,5 juta untuk motor listrik. Bagaimana tanggapan pabrikan motor listrik Charged Indonesia yang menawarkan sistem langganan atau sewa dengan biaya Rp 1,65 juta per bulan?

Stephanus Widi, Chief Commercial Officer Charged Indonesia mengatakan pihaknya menyambut positif dengan adanya langkah subsidi pemerintah untuk mendorong percepatan elektrifikasi. Meskipun, saat ini Charged Indonesia menawarkan skema langganan, bukan jual putus seperti merek lainnya.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah yang sudah memberikan dukungan banyak untuk mengadopsi kendaraan listrik. Dan kami dengan skema berlangganan bukan untuk berkompetisi, tapi mendukung kebijakan pemerintah untuk mendorong adopsi kendaraan listrik," ujar Stephanus Widi saat ditemui di pabrik Charged Indonesia, Cikupa, Tangerang, Senin (5/12/2022).

"Sistem berlangganan ini menjadi satu alternatif buat para pengguna sepeda motor berbahan bakar fosil untuk berubah dengan mudah menuju pemakaian kendaraan listrik. Tentunya dengan berbagai macam impact, dia bisa biayanya lebih rendah, dan sebagainya," tambah dia.

Saat ini skema subsidi motor listrik yang diberikan pemerintah belum dirilis ke publik. Apakah konsumen bisa mendapatkan potongan langsung Rp 6,5 juta dari harga on the road atau konversi motor listrik dari internal combustion engine (ICE).

Widi menambahkan pihaknya berharap pemerintah bisa memberikan subsidi yang beragam jenisnya untuk menggenjot elektrifikasi dalam negeri.

"Tentunya kita berharap juga nanti ke depan berbagai macam program dikeluarkan pemerintah secara terus menerus untuk mampu mendorong masyarakat dari ICE menuju kendaraan listrik," kata dia.

Saat ini Charged Indonesia menawarkan paket penyewaannya berdurasi 6, 9, dan 12 bulan dengan biaya berlangganan Rp 1.650.000 per bulan belum termasuk pajak. Uniknya, selama periode berlangganan, Charged Indonesia memperbolehkan pelanggannya untuk menukar atau mengganti tipe motor listrik yang ingin digunakan sesuai kebutuhan. Ada tiga motor listrik, di antaranya Anoa, Rimau, hingga Maleo.

Kabar terbaru subsidi motor listrik

Menteri ESDM Arifin Tasrif bicara soal rencana subsidi motor listrik yang mau dilakukan pemerintah. Arifin menjelaskan sampai saat ini pemerintah masih terus membahas soal rencana subsidi tersebut.

Arifin mengatakan pemerintah juga sedang menimbang-nimbang opsi apakah memberikan subsidi pada pembelian motor listrik baru atau untuk konversi motor BBM menjadi motor listrik.

"Nanti sih akan dua-duanya. Cuma kalau saya pribadi sih maunya dorong yang konversi aja dulu," ungkap Arifin ditemui wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022)



Simak Video "Laris! Motor Listrik Buatan Cikupa ini Sudah Dipesan 1.200 Unit"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT