ADVERTISEMENT

Astra Peragakan Cara Berkendara di Jalan yang Aman ke Mahasiswa

Jihaan Khoirunnisaa - detikOto
Minggu, 18 Sep 2022 15:48 WIB
Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022
Foto: Jihaan Khoirunnisaa/detikcom
Balikpapan -

PT Astra International Tbk (ASII) mengadakan Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 di Universitas Balikpapan (Uniba), Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Tidak hanya seminar, pada kesempatan tersebut juga dilakukan demo safety riding.

Para mahasiswa diajari cara berkendara sepeda motor yang baik dan benar saat di jalan raya oleh instruktur berpengalaman. Daniel Natanael selaku instruktur safety riding Astra Motor HSO Balikpapan mengatakan dalam mengendarai sepeda motor tidak dapat dilakukan semudah itu. Ada teknik yang harus dipahami agar selamat di jalan dan terhindar saat kecelakaan.

Lebih lanjut dia menjelaskan sebelum menyalakan gas, pengendara wajib menoleh ke kanan. Tujuannya untuk memastikan kondisi jalan aman dan tidak ada kendaraan di belakang.

"Usahakan sebelum jalan kita tengok kanan, kita harus tahu ada kendaraan atau tidak. Kita wajib cek biar aman. Kalau sudah aman, baru jalan," katanya, Minggu (18/9/2022).

Selain itu, dia juga mengingatkan bahaya penggunaan rem yang salah. Menurut Daniel sebaiknya pengendara tidak menggunakan rem depan karena berisiko membuat motor terjatuh, terutama saat sedang belok.

"Lalu saat jalan usahakan pakai rem belakang saja. Tidak sama sekali diperbolehkan pakai rem depan. Tapi (salahnya) masyarakat sering kalau mau belok itu pakai rem depan," tuturnya.

Tidak hanya itu, Daniel mengatakan untuk menarik tuas rem sebaiknya dengan 4 jari. Ketika sedang tidak direm, posisi jari pun tetap berada di stang.

"Lalu yang harus diperhatikan yaitu pengereman pakai 4 jari. Sering ada yang bilang rem satu jari, dua jari. Yang benar adalah 4 jari," paparnya.

Di sisi lain, Kasi BPKB Subdit Regident Ditlantas Polda Kaltim Kompol Donny Dwija Romansyah menambahkan pentingnya mengenakan pakaian lengkap selama berkendara, terutama helm. Hal ini tidak lain untuk menjamin keselamatan pengendara.

"Tujuan menggunakan pakaian lengkap, jaket, itu untuk keselamatan pengguna jalan. Tapi kita yang diutamakan adalah helm. Karena kepala merupakan organ tubuh yang sangat penting. Jadi standar perlindungan yang pertama adalah helm," katanya.

Diketahui, Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas 2022 (IAABL 2022) mengambil tema 'Collaboration for Safety & Sustainability Driving'. Kegiatan ini merupakan yang ke-8 sejak digelar pertama kali pada 2014 silam, sekaligus sebagai pembuka rangkaian dari Hari Ulang Tahun Astra Wilayah Kalimantan yang ke-65 tahun.

Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah mengatakan tujuan diadakannya IAABL untuk mengampanyekan penggunaan kendaraan secara tertib dan aman guna mengurangi insiden dari kecelakaan lalu lintas. Tidak hanya memberikan kampanye pada para pengguna kendaraan, program IAABL juga mengajak para pengguna jalan untuk membudayakan aman berlalu lintas.

Dia pun berharap dengan digelarnya kegiatan ini dapat mendorong para mahasiswa untuk menjadi pelopor keamanan berlalu lintas.

"Kami sudah punya 9.795 pelopor keselamatan berlalu lintas di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan (jumlah) ini bisa bertambah. Dan adik-adik mahasiswa bisa jadi pelopor keselamatan berlalu lintas, buat diri sendiri, buat keluarga, dan masyarakat," tuturnya.

"Kita berharap pelopor ini yang bisa pelan-pelan menurunkan angka kecelakaan," imbuh Riza.

Sebagai informasi perayaan HUT ke-65 Astra Wilayah Kalimantan dilaksanakan mulai tanggal 22-24 September 2022 dengan menyajikan berbagai tayangan inspiratif yang terdiri dari Sustainability Webinar, Virtual Exhibition, InnovNation Webinar, Astra Career Meet Up dan Kreasi Nusantara Wilayah Kalimantan.

Sustainability Webinar dengan topik 'Collaboration for Safety & Sustainability Driving' diisi oleh sejumlah narasumber, di antaranya Master Trainer IAABL Astra Isuzu Suharto, Influencer Otomotif & Youtuber Ridwan Hanif Rahmadi serta Pakar Keselamatan Berkendara & Praktisi Mobil Listrik Sony Susmana.

Lalu ada InnovNation Webinar yang mengangkat tema 'Teknologi Aman, Lalu Lintas Nyaman' diisi oleh Safety Riding Officer Astra Motor Balikpapan Daniel Natanael dan Technical Service Officer Astra Motor Balikpapan Rusdianto dilanjutkan dengan topik 'Driving Towards A Safer City' yang akan menghadirkan Head of Global Marketing GoRide Stella Darmadi.



Simak Video "Soleh Solihun: Cerita Motor Pertama sampai Touring Bareng Prediksi ke Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT