ADVERTISEMENT

Salut! 5 Tahun Kumpulin Duit Receh, Buruh Serabutan Beli Motor Tunai

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 25 Agu 2022 12:09 WIB
Menabung 5 tahun demi motor Yamaha Vega Force
Pria menabung 5 tahun buat beli tunai Yamaha Vega Force (Foto: Yamaha DDS 3)
Jakarta -

Apa yang terlintas jika memiliki uang koin atau receh? kebanyakan orang menganggap tak penting, bahkan hanya digunakan untuk membayar pak Ogah atau tip juru parkir. Tapi tidak bagi Musa Firuddin (47), berkat kegigihannya menabung dia bisa membeli satu motor Yamaha Vega Force secara tunai.

Pria yang bekerja sebagai buruh serabutan di home industry mebel ini menyisihkan uang receh setiap hari. Musa mengumpulkan uang receh dengan pecahan Rp 1.000 dan Rp 500 selama 5 tahun di dalam celengan.

"Sejak tahun 2017 saya memang bertekad untuk membeli sepeda motor Vega Force, namun saya sadar bahwa saya tidak bisa membeli secara langsung karena kondisi ekonomi keluarga yang serba pas-pasan. Satu-satunya cara ya saya harus rajin menabung setiap hari. Kadang hanya Rp. 1.000 atau bahkan hanya Rp. 500. Namun saya yakin apabila saya melakukannya dengan tekun pasti keinginan saya dapat terwujud," jelas Musa dalam keterangan yang diterima dari Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah - Yogyakarta), Kamis (25/8/2022).

Kepala Cabang Yamaha Mataram Sakti FSS Semarang, Yudha mengatakan Musa datang membawa tiga celengan berukuran besar. Dia membeli satu unit motor bebek Yamaha Vega Force.

"Kami kaget manakala Pak Musa menyerahkan 3 (tiga) celengan dalam ukuran cukup besar sembari berkata, silahkah dihitung, apabila kurang akan saya tambahi secara tunai," kata Yudha menirukan ucapan Musa.

Menabung 5 tahun demi motor Yamaha Vega ForceStaf dealer Yamaha menghitung uang receh pembelian Yamaha Vega Force Foto: Yamaha DDS 3

Jika melirik harga Yamaha Vega Force, dalam laman resmi Yamaha, motor bebek itu dijual mulai dari Rp 17.395.000 (OTR Jakarta). Tentu harga tersebut bisa berbeda dengan wilayah lain.

Pihak dealer mengatakan butuh waktu selama 1 jam untuk menghitung seluruh uang dalam celengan milik Musa. Kenyataan ini sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Pada pasal 21 disebutkan, rupiah wajib digunakan dalam setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran. Sementara pada pasal 23, mengatur bahwa setiap orang dilarang menolak untuk menerima rupiah.



Simak Video "Cuitan Viral Cek Fisik Kendaraan Bayar Rp 30 ribu, Bikin Polisi Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT