ADVERTISEMENT

Motor Vespa Tua sampai yang Matik Ngumpul di Museum Vespa

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 13 Jun 2022 13:06 WIB
Museum Vespa
Museum Vespa jadi tempat motor-motor Vespa tua sampai yang modern berkumpul. Foto: (Rangga Rahadiansyah/detikOto)
Jakarta -

Indonesia menjadi tuan rumah Vespa World Days (VWD) 2022. Ini menjadi VWD pertama yang digelar di luar Eropa. Selama VWD 2022, para penggila Vespa juga bisa belajar sejarah sekaligus bernostalgia melihat motor-motor klasik Vespa.

Vespa Museum dibuka di Bali Collection di sekitaran The Nusa Dua, Bali. Museum Vespa ini berdekatan dengan venue utama VWD 2022 yang dikenal sebagai Vespa Village.

Motor-motor yang dipajang di Vespa Museum terbilang unik. Di sini, motor Vespa yang dipajang dari produksi tahun 1949 sampai ada Vespa matik terkini.

"Museum Vespa ini kita mencoba menampilkan koleksi dari teman-teman di Indonesia. Artinya tidak ada kolektor dari luar (negeri), yang kita tampilkan. Jadi kita coba mengurutkan secara sejarah mulai tahun yang tua, 1948 tapi yang ini sedang ada kendala, sampai paling baru di 2021 yang anniversary," ujar Bambang Priambodo Koordinator Museum Vespa saat ditemui di Bali Collection, Nusa Dua, Bali.

Motor-motor bersejarah yang dipajang ini adalah koleksi dari beberapa anak komunitas Vespa. Motor-motor Vespa yang ditampilkan di museum ini menarik perhatian banyak pengunjung.

"Banyak teman-teman Vespa di Indonesia yang antusias dan banyak juga yang baru tahu (ada motor yang dipajang di museum Vespa). Kita bisa lihat dari comment sejak pertama kita buka kemarin. 'Oh di Indonesia ada jenis Vespa seperti ini'. Ya walaupun mungkin tak semuanya berasal murni dari kita, ada beberapa item tertentu yang dibawa dari luar oleh kolektornya. Tapi intinya semua pemiliknya orang Indonesia," ujar Bambang.

Bambang menyebut, di museum Vespa diurutkan mulai dari Vespa tahun 1949 sampai dengan Vespa matik terkini. Dia bilang tidak ingin mengotak-kotakan pengguna Vespa 2 tak atau Vespa matik.

"Jadi dari tua sampai Vespa matik kita tampilkan, bahkan beberapa memiliki keunikan dalam hal kelangkaan, limited-nya," ucapnya.

Totalnya ada 58 unit motor Vespa yang dipajang di museum ini.



Simak Video "Melihat Wujud 'Evolusi' Vespa di Museum Vespa World Day 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT