Unik, Balapan tapi Adu Lambat di Vespa World Days Bali

ADVERTISEMENT

Unik, Balapan tapi Adu Lambat di Vespa World Days Bali

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 12 Jun 2022 18:51 WIB
Vespa World Days Bali 2022
Vespa World Days Bali 2022 Foto: Rangga Rahadiansyah
Badung, Bali -

Vespa World Days 2022 yang diselenggarakan di Bali menyedot perhatian Vespisti dari seluruh dunia. Selain jadi ajang kumpul para penggila Vespa, acara ini juga banyak hiburannya. Salah satunya acara unik balapan adu lambat.

Balapan adu lambat ini diselenggarakan oleh Soca, yang menjual velg untuk motor-motor Vespa. Adu lambat di trek lurus ini cukup menjadi perhatian pengunjung Vespa World Days 2022.

Ini terbilang unik, soalnya biasanya balapan ya adu cepat. Siapa yang cepat sampai garis finis dialah pemenangnya. Namun, balapan adu lambat ini berbeda. Siapa yang bisa mempertahankan motornya selambat mungkin dan sampai garis finis paling terakhir, dialah pemenangnya. Namun, jika peserta sampai menapakkan kakinya ke tanah, berarti kalah.

Mereka yang mengikuti lomba adu lambat tampak berusaha keras. Yang menjadi kesulitan adalah menjaga keseimbangan motor. Mereka harus pintar-pintar memainkan gas dan rem. Dan tak sedikit yang gagal karena menjatuhkan kaki ke tanah.

Vespa World Days Bali 2022Vespa World Days Bali 2022 Foto: Rangga Rahadiansyah

Pemenang slow race ini mendapatkan hadiah velg Vespa dari Soca. Sepasang velg Soca itu setara dengan harga Rp 6 juta. Peserta mengikuti lomba lambat-lambatan tanpa dipungut biaya. Motornya sendiri disediakan oleh panitia dengan spesifikasi yang sama, yaitu Vespa Primavera.

Selain slow race, ada juga lomba dyno test. Lomba ini mengadu seberapa besar tenaga motor Vespa yang dimiliki pencinta skuter Italia itu. Ada pula aksi freestyle yang dilakukan para pencinta Vespa. Semua ini dikemas dalam acara Vespa World Days 2022.

Vespa World Days Bali 2022Vespa World Days Bali 2022 Foto: Rangga Rahadiansyah

Vespa World Days 2022 di Bali ini dihadiri oleh 8.500 Vespisti. Tak cuma dari seluruh penjuru Indonesia, anak Vespa dari negara lain seperti Amerika, Australia, Austria, Jerman, Italia, Jepang, Malaysia, Filipina, Inggris, Spanyol, Yordania, Vietnam, Prancis, Finlandia, Macedonia, dan Meksiko hadir di Bali. Mereka menggunakan Vespa mulai dari Vespa 2 tak hingga Vespa matik terbaru.

Vespa World Days (VWD) 2022 digelar di Pulau Peninsula, The Nusa Dua, Bali mulai 9 Juni 2022 sampai 12 Juni 20022. Acara ini diperkirakan bakal diramaikan oleh 8.500 pencinta Vespa dari 27 negara. Ini menjadi pelaksanaan Vespa World Days pertama yang diselenggarakan di luar benua Eropa.

Martin Stift, Mantan Presiden Vespa World Club periode 2012-2021 mengatakan, pihaknya mencari tempat yang dikenal banyak orang untuk menggelar Vespa World Days. Menurutnya, Bali merupakan salah satunya.

"Bali merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memang sudah terkenal, atraktif untuk mengundang banyak orang ke Indonesia," kata Martin saat ditemui di arena Vespa Village dalam gelaran Vespa World Days 2022 di Peninsula Island, The Nusa Dua, Bali, Kamis (9/6/2022).

Saat memilih Indonesia jadi tuan rumah VWD, Martin bilang beberapa pencinta Vespa di Eropa mempertanyakan kenapa harus digelar di Indonesia. Sebab, Indonesia terbilang jauh dari Eropa karena VWD sebelumnya ada di sana. Bahkan, kata Martin, Presiden Vespa World Club saat ini, Mauro Calestrini, pun absen karena traveling ke Indonesia tidak mudah.



Simak Video "Vespa World Day di Bali yang Bikin Bengkel Kebanjiran Orderan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT