Segini Biaya Bikin Vespa Jadul Jadi Anti-ngebul

ADVERTISEMENT

Segini Biaya Bikin Vespa Jadul Jadi Anti-ngebul

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 13 Jun 2022 10:41 WIB
Sebuah Vespa jadul yang dikonversi jadi motor listrik dipajang di Vespa World Days 2022
Vespa jadul jadi motor listrik (Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto)
Badung -

Di Vespa World Days 2022 ada sebuah Vespa jadul tahun '80-an yang disulap jadi motor listrik. Vespa jadul kamu juga bisa dijadikan motor listrik sehingga nggak ngebul lagi.

Motor listrik Vespa itu digarap oleh Elders Elettrico. Geri Centura dari Elders Elettrico mengatakan, proses konversi Vespa jadul jadi motor listrik cukup mudah. Tak butuh waktu lama karena konversi ini tinggal 'plug and play'.

"Ini plug-and-play aja. Bisa plug and play, karena ini kita dapat swing arm, dapat motor-nya, cakram set, controller, sama baterai. Dan kita tidak mengubah apa pun di frame," ucap Geri kepada wartawan saat ditemui di Vespa World Days 2022 di Pulau Peninsula, The Nusa Dua, Bali, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, anak-anak Vespa ogah merusak bodi motornya. Jadi, pihaknya tidak mengubah apa pun selain mengganti mesin 2 tak jadi motor listrik. Konversi Vespa jadi motor listrik bisa dilakukan untuk segala model Vespa asalkan rumah swing arm belum diubah.

Sebuah Vespa jadul yang dikonversi jadi motor listrik dipajang di Vespa World Days 2022Sebuah Vespa jadul yang dikonversi jadi motor listrik dipajang di Vespa World Days 2022 (Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto)

"Kalau teman-teman Vespa ingin mengubah lagi jadi konvensional bisa tinggal dipasang lagi," katanya.

Elders Elettrico menyediakan dua tipe konversi kit untuk Vespa, yaitu Speedster dan Duro. Masing-masing memiliki spesifikasi berbeda.

Konversi kit versi Speedster memiliki baterai lithium-ion 1700 72v 24 Ah dengan motor Elettrico V2 3kW Disc Brake. Dengan bekal tersebut, motor Vespa jadul yang diubah jadi motor listrik bisa melaju dengan kecepatan maksimal 75-80 km/jam. Daya jelajah maksimalnya 60-75 km. Sekali ngecas sampai penuh cuma butuh waktu 5 jam.

Sementara tipe Duro menggunakan baterai lithium-ion 21700 60v 19Ah dengan motor Elettrico V1.12 1,2kW disc brake. Memakai controller Elettrico Square Wave 50a, kecepatan maksimum motor 50-55 km/jam dengan daya jelajah maksimum 40-45 km. Pengisian baterai 0-100 persen membutuhkan waktu lebih singkat yaitu 4 jam.

Untuk biayanya, konversi kit Speedster dibanderol Rp 25,8 juta. Sementara tipe Duro harganya Rp 18,5 juta.

Menurut Geri, proses konversi Vespa jadul jadi motor listrik nggak butuh waktu yang lama. Pengerjaannya antara 2 sampai 3 jam saja.



Simak Video "Wujud Vespa Berbahan Tembaga yang Dijual Rp 1 Miliar!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT