Solidaritas Anak Vespa Indonesia yang Dikagumi Dunia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 11 Jun 2022 06:17 WIB
Sejumlah penggemar Vespa yang hendak mengikuti helatan Vespa World Days (VWD) beristirahat di rumah Gede Bladur, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, Kamis (9/6/2022).
Foto: Komunitas Vespa saat menuju Vespa World Days 2022 di Bali. (I Ketut Suardika/detikBali)
Badung -

Anak-anak komunitas penunggang motor Vespa terkenal dengan solidaritasnya. Mereka akan saling menyapa dan membantu di jalan. Hal ini membuat mantan Presiden Vespa World Club Martin Stift kagum.

Pria asal Austria yang menjabat sebagai Presiden Vespa World Club. periode 2012-2021 itu bilang jiwa pengendara Vespa di Indonesia mirip dengan di Inggris.

"Jiwanya cukup sama dengan yang ada di Inggris. Seluruh Eropa diorganisir oleh Klub Vespa dan Klub lain, atau klub scooter. Di Inggris sebagian besar adalah klub scooter dan anggotanya campuran, seperti di sini. Sehingga apa yang kami lihat di sini adalah sebagian besar klub scooter, 99 persen adalah klub scooter, tetapi hanya mengendarai Vespa," kata Martin saat ditemui di sela-sela penyelenggaraan Vespa World Days 2022 di Pulau Peninsula, The Nusa Dua, Bali.

Dia menyebut, ada juga perbedaan budaya yang digunakan pencinta Vespa Indonesia dibandingkan di Eropa. Di Eropa, kata Martin, rider Vespa hanya berkendara. Juga ada beberapa rider wanita yang menunggangi Vespa.

"(Di sini) mereka menggunakan letter vest. Di Eropa dan Amerika, Anda tidak akan melihat itu bersama dengan Vespa. Di sana hanya berkendara," ucapnya.

"Oh ini adalah hal yang spesial, kita memiliki banyak wanita mengendarai Vespa di Indonesia," ujarnya.

Martin juga menyoroti solidaritas anak Vespa di Indonesia. Mereka tak jarang saling membantu meski tidak saling kenal saat bertemu di jalan.

"Ini adalah komunitas di mana wanita dan pria bekerja dengan benar, bersama. Saling membantu yang merupakan sebuah gambaran baik. Anda tidak dapat membayangkan seberapa pentingnya untuk mendorong wanita di Eropa dan Amerika untuk pergi ke jalan dan mengatakan, 'kami bagian dari komunitas.' Banyak hal yang dapat saya bilang unik dan luar biasa," ucapnya.

Pekan ini, ribuan anak Vespa meramaikan Bali. Vespa World Days 2022 akan dipadati 8.500 pengendara Vespa dari seluruh dunia. Indonesia menjadi negara pertama di luar Eropa yang menjadi tuan rumah Vespa World Days 2022.



Simak Video "Wujud Vespa Berbahan Tembaga yang Dijual Rp 1 Miliar!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)