Menikmati Bali di Atas Vespa Primavera

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 09 Jun 2022 18:16 WIB
Vespa World Day Bali 2022
Menikmati Bali di atas Vespa dalam rangkaian acara Vespa World Day 2022 (Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto)
Jakarta -

Vespa World Days (VWD) digelar di Indonesia, tepatnya di Bali pada 9-12 Juni 2022. Salah satu rangkaian acara VWD 2022 adalah Vespa Ride Out, menjelajahi Bali bersama klub Vespa.

Ajang VWD ini pertama kali diselenggarakan di luar Eropa. VWD 2022 akan dimeriahkan oleh 8.500 pencinta Vespa dari seluruh dunia. Namun, yang ikut Vespa Ride Out tidak semuanya, hanga segelintir pencinta skuter Italia itu yang berhak mengikuti Vespa Ride Out.

Perjalanan Vespa Ride Out ini dilakukan dari The Nusa Dua menuju Desa Penglipuran. Total jaraknya lebih dari 60 km. Detikcom menjadi salah satu peserta yang turut mengikuti Vespa Ride Out ini atas undangan dari PT Piaggio Indonesia. Kebetulan, detikcom mendapat kesempatan mengeksplorasi Vespa Primavera I-Get 150 ABS.

Vespa World Day Bali 2022Vespa World Day Bali 2022 Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Dari segi riding position, Vespa Primavera I-Get 150 ABS cukup nyaman bagi rider yang punya tinggi badan 178 cm seperti saya. Posisi duduk terbilang ergonomis sehingga mampu menghadirkan kenyamanan. Kalau kaki pegal, masih ada ruang ke depan untuk sedikit selonjoran.

Selama perjalanan menuju Desa Panglipuran dari The Nusa Dua, kami konvoi dengan kecepatan konstan tak lebih dari 50 km/jam. Vespa Primavera yang kami tunggangi ini terbilang irit. Melaju dari The Nusa Dua ke Desa Panglipuran sejauh 66,1 km (data dari tripmeter), indikator bensinnya masih full tank.

Dari Desa Panglipuran, kami kembali lagi ke The Nusa Dua. Dengan jarak bolak-balik 128,3 km (sempat melewati rute yang berbeda), indikator bensin hanya turun satu bar. Memang kami belum sempat mengujinya dengan metode yang lebih komprehensif seperti full to full. Namun jika melihat dari indikator saja, tampaknya Vespa Primavera yang kami kendarai ini cukup irit.

Soal performa mesinnya, Vespa Primavera I-Get 150 ABS punya karakter mesin yang halus. Sesekali saat ada kesempatan kami gaspol untuk mengejar rombongan, terutama ketika kembali dari Desa Panglipuran. Tarikan bawahnya terbilang enteng. Nggak ada getaran dari area transmisi sehingga nyaman untuk digunakan riding di Bali.

Vespa World Day Bali 2022Vespa World Day Bali 2022 Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Puas riding menikmati jalanan Bali yang indah, kami akan menuju Vespa Village, lokasi utama penyelenggaraan Vespa World Days 2022. Ini merupakan area pertemuan utama untuk ribuan penggemar Vespa sedunia.

Di sini, terdapat beberapa booth tenant. Penggemar Vespa bisa bertukar atau mendapatkan barang-barang Klub, mendapatkan merchandise resmi, hingga suku cadang baru dan bekas. Ada pula stan komunitas, pojok makanan dan minuman, produk kerajinan tangan lokal Indonesia hingga panggung utama untuk hiburan.

Acara utama Vespa World Days ini diselenggarakan di Peninsula, The Nusa Dua Bali. VWD 2022 digelar sampai akhir pekan nanti.



Simak Video "Intip Modifikasi Vespa Langka Milik Awkarin"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)