Warga Bandung Ini Kaget Desain Skuter Listriknya Dibicarakan di Luar Negeri

M Luthfi Andika - detikOto
Minggu, 05 Jun 2022 19:04 WIB
Skuter listrik buatan warga Bandung disapa Stellar.
Skuter listrik Foto: Pool (designboom)
Jakarta -

Industri otomotif terus berkembang seiring perkembangan zaman, hal ini yang membuat kendaraan listrik bisa menjadi pilihan baru. Bahkan saat ini salah satu desain skuter listrik yang disapa 'Stellar', karya warga Bandung, Fajar Ismail, tengah ramai dibicarakan di berbagai media luar negeri.

Fajar Ismail pun tidak pernah menyangka, bahwa desain karya dirinya berdasarkan skuter listrik Quest Motors, bisa diterima dengan baik di luar negeri.

"Kaget juga, saya dibicarakan media luar. Saya hitung sudah ada 10 media luar yang memuat desain saya, salah satunya dari Italia dan satu lagi car and driver Spanyol," ucap Fajar Ismail kepada detikOto.

"Padahal awalnya memang saya hanya sering posting desain saya media sosial saya seperti instagram," Fajar menambahkan.

Fajar menjelaskan ada berbagai alasan kenapa desain karya dirinya bisa diterima di luar negeri.

Skuter listrik buatan warga Bandung disapa Stellar.Skuter listrik buatan warga Bandung disapa Stellar. Foto: Pool (designboom)

"Media luar itu tertariknya, dengan desainnya dan penempatan solar panelnya. Karena kalau pada motor konvensional bagian depan itu kan identik dengan tangki bensin, dan kalau ini saya tempatkan solar panel. Mereka menilai itu masuk akal dan sama-sama menyimpan berperan untuk menyimpan energi," kata Fajar.

"Karena ke depannya tidak menutup kemungkinan akan berbasis energi terbarukan, sehingga desain ini banyak yang menilai masuk akal untuk bisa diterapkan," Fajar menambahkan.

Sebagai catatan, desain skuter listrik Fajar Ismail ini dibangun di atas Quest Motor yang memiliki baterai tipe 21.700 Lithium berkapasitas 480-960 Wh, yang mampu berlari hingga 24 km (untuk original edition) atau 16 km (Sandbox Edition). Soal motor penggerak Quest Motor memiliki Motor BLDC 1kW Type Hub, yang mampu mencapai topspeed hingga 35 km/jam.



Simak Video "Dulu Laris Manis Bak Kacang Goreng, Skuter Listrik Ola Kini Diprotes"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)