Yamaha Siapkan 20 Skuter Listrik E01 untuk Dicoba Masyarakat Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 30 Mei 2022 07:13 WIB
Jakarta -

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyiapkan 20 unit skuter listrik Yamaha E01 untuk dites masyarakat umum. Rencananya pengetesan itu dimulai pada paruh kedua tahun 2022.

April 2022 lalu, Yamaha Indonesia memperkenalkan skuter listrik konsep E01 di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Skuter ini belum dijual resmi, Yamaha baru akan melakukan tes pasar untuk mendapatkan masukan dari masyarakat umum yang menjajal motor ini.

"Mudah-mudahan semester dua nanti (Yamaha E01) bisa dicoba bareng-bareng (masyarakat Indonesia)," ujar Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, di Jakarta (27/5/2022).

Sebagai informasi, pengetesan skuter listrik Yamaha E01 ini merupakan rangkaian global dari tes serupa yang dilakukan di sejumlah negara. Program tes bernama Proof of Concept (PoC) Yamaha ini juga dilakukan di Jepang, Eropa, Taiwan, Thailand, hingga Malaysia.

"Kita mau uji coba kemampuan produk ini terhadap iklim, cuaca di Indonesia, terus habbit berkendara orang Indonesia, kemudian juga ketahanan baterai. Karena baterai itu juga terkait dengan kondisi cuaca suatu wilayah. Makanya YMC kan juga lakukan tes di Eropa, Jepang, jadi dia pengin tahu kemampuan produk ini seperti apa, kekuatannya seperti apa, dan pengaruhnya seperti apa. Tambah lagi, masukan-masukan dari konsumen," sambung Anton.

Menurut Anton, YIMM menyediakan 20 unit Yamaha E01 untuk dicoba oleh berbagai kalangan. "Motor ini akan dicoba secara nasional, (mengenai kriteria calon penggunanya) kita masih diskusikan di internal, karena melihat animo pada saat IIMS (2022), kemudian banyak juga pertanyaan yang masuk ke call center, banyak masyarakat yang ingin mencobanya. Nanti akan kita sampaikan kriterianya seperti apa, yang pasti harus seusai requirement-nya kita. Pada prinsipnya, semua (masyarakat) bisa coba, hanya ada syarat dan ketentuannya," sambung Anton.

Nantinya tes pasar motor listrik Yamaha E01 ini akan berlangsung selama satu tahun untuk mendapatkan data komprehensif terkait perilaku berkendara konsumen Indonesia terhadap E01.

(lua/rgr)