Harga Sepeda Motor Pada Naik! Ratusan Ribu sampai Jutaan Rupiah

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 05 Apr 2022 13:36 WIB
Honda membawa motor MotoGP Marc Marquez di IIMS 2022. Adanya motor ini menarik perhatian pengunjung.
Booth Honda di IIMS 2022 Foto: A.Prasetia/detikcom
Jakarta -

Imbas kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari semula 10 persen kini jadi 11 persen membuat harga sepeda motor terkerek. Kenaikan harganya beragam tergantung tipe dan jenis motornya.

Dalam pantauan di area Indonesia International Motor Show 2022, sejumlah merek sudah menetapkan harga baru per 1 April 2022. Naiknya beragam mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.

Honda misalnya, salah satu tenaga pemasaran mengatakan, kenaikan harga paling besar ada pada motor Completely Built Up (CBU).

"Paling kecil BeAT kenaikannya, Rp 300 ribuan. Jadi kenaikan harga beragam tergantung modelnya, Semua pada naik, ada yang Rp 400 ribu, Rp 800 ribu," ujar dia saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

"CBU yang pasti naiknya lumayan gede. Paling tinggi Forza 250, naik sampai Rp 4,1 juta," tambah dia.

Kompetitornya, Yamaha juga sudah menaikan harga sepeda motor. Menurut keterangan tenaga penjual, kenaikan harga motor Yamaha sudah dilakukan secara bertahap sejak Maret.

Saat ditanya beberapa model di antaranya yang naik ialah Nmax Rp 200 ribu - Rp 300 ribu, Yamaha Gear Rp 200 ribu, dan Xmax Rp 300 ribuan.

"Jadi kami sudah naik dua kali, Maret dan pas sekarang yang kena PPN," ungkapnya.

Merek motor lain yang bersaing di segmen sport, Kawasaki juga telah menaikan harga jual ke masyarakat.

"Kenaikan harga variasi, misalnya KLX naik sekitar Rp 800 ribuan, Ninja ZX-25R naik Rp 3 jutaan," jelanya.

Sepeti diberitakan detikcom sebelumnya, Penyesuaian PPN menjadi 11% merupakan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP). Meski begitu, pemerintah masih memberikan pembebasan tarif PPN 11% pada beberapa barang dan jasa. Termasuk sembako atau bahan-bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat.



Simak Video "1 April PPN Jadi 11 Persen, Samsung Tegaskan Produknya Tidak Naik Harga "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)