Skuter Listrik Ola Bakal Pakai Ekstrem Fast Charging, 0-100% Cuma Butuh 5 Menit!

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 29 Mar 2022 20:54 WIB
Skuter listrik Ola
Skuter listrik Ola dari India (Dok. Ola Electric)
Jakarta -

Ola Electric kabarnya bakal menyematkan skuter listriknya dengan teknologi pengisian daya super cepat atau extreme fast charging. Kabarnya, baterai skuter tersebut dapat terisi penuh hanya dalam waktu lima menit saja.

Dilansir dari Rideapart, Ola kabarnya akan menjalin kerja sama dengan raksasa teknologi asal Israel, StoreDot. Hasil kemitraan ini akan menghadirkan skuter listrik Ola yang mengusung fitur XFC atau Extreme Fast Charging.

Sebagai informasi, StoreDot merupakan perusahaan yang fokus dalam pengembangan teknologi baterai. Pihak StoreDot mengklaim jika telah menemukan fitur pengisian daya super cepat paling mutakhir yang disebut sebagai XFC.

Seberapa cepat XFC bisa mengisi baterai skuter hingga mengklaim dirinya sebagai 'ekstrim'? Kabarnya untuk pengisian 0-100% cuma butuh waktu lima menit saja. Demikian klaim StoreDot.

Skuter listrik Ola ElectricSkuter listrik Ola Electric Foto: Ola Electric

Kemudian StoreDot ingin memproduksi teknologi tersebut secara massal dalam beberapa tahun ke depan. Untuk bisa mencapai target tersebut, pihak perusahaan berusaha merayu Ola Electric untuk bisa menjalin kerja sama.

Apabila kemitraan ini benar terwujud, Ola Electric diyakini akan memproduksi sel baterai di pabriknya di India, sedangkan teknologi XFC akan dipasok oleh StoreDot yang dikirim langsung dari Israel. Namun bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun mendatang teknologi XFC akan dibuat di India.

Pengisian daya cepat merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh skuter listrik Ola saat ini. Dengan menggunakan SPKLU milik Ola Hypercharger, baterai skuter listrik Ola dapat terisi dari 0-50 persen dalam waktu 18 menit saja.

Skuter listrik Ola ElectricSkuter listrik Ola Electric Foto: Ola Electric

Hanya saja, hingga kini belum ada pengumuman secara resmi baik dari pihak Ola Electric maupun StoreDot terkait kerja sama tersebut.

Sampai saat ini ada dua jenis e-skuter yang ditawarkan Ola, yakni Ola S1 dengan jangkauan 121 km dan kecepatan tertinggi 90 km/jam dan Ola S1 Pro yang mampu mencapai kecepatan tertinggi 115 km/jam dan menjangkau jarak tempuh 181 km.

Soal akomodasi, ada 36 liter ruang penyimpanan di bawah jok. Skuter listrik Ola ditenagai motor listrik 8,5 kW yang bisa menghasilkan torsi puncak 58 Nm.

Soal harga, skuter listrik Ola dibanderol mulai dari 79.999 rupee atau setara Rp 15 juta. Konsumen India bisa memesan secara online dengan uang tanda jadi 499 rupee (Rp 94 ribu).



Simak Video "Dulu Laris Manis Bak Kacang Goreng, Skuter Listrik Ola Kini Diprotes"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)