Buas, Ini Perkiraan Desain All New Kawasaki Ninja ZX-4R

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 07 Mar 2022 11:50 WIB
Render digital All New Kawasaki Ninja ZX-4R
Foto: Young Machine. Render digital All New Kawasaki Ninja ZX-4R.
Jakarta -

Kawasaki cukup sukses dengan resep mesin 4 silinder yang diaplikasikan pada motor 250 cc. Seolah ingin melanjutkan momentum tersebut, Kawasaki pun bersiap memperkenalkan mesin 4 silinder di kelas 400 cc. Render digital atau rekayasa gambar motor ini pun sudah beredar luas di dunia maya.

Media otomotif Jepang, Young Machine, baru-baru ini membuat render digital All New Kawasaki Ninja ZX-4R. Dari segi desain, kurang lebih masih seperti sang adik, Ninja ZX-25R. Namun ada beberapa penyesuaian dari sisi fairing, juga desain knalpot yang tak menggunakan model underbelly.

Berkaca dari gambar paten yang telah keluar sebelumnya, desainer Young Machine mendesain ulang fairing ZX-4R dengan bentuk ram air yang baru. Ini bertujuan untuk menyalurkan lebih banyak udara ke area sekitar radiator dan mengirimkannya langsung ke mesin untuk proses pendinginan maksimal.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2022Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Foto: Dok. Kawasaki Motor Indonesia (KMI)

Mesin All New Kawasaki Ninja ZX-4R diharapkan hadir dengan kapasitas sekitar 400 cc inline, 4 silinder, 16 katup sistem injeksi bahan bakar, DOHC, yang mirip-mirip dengan arsitektur mesin Ninja ZX-25R.

Beberapa fitur canggih dan modern kabarnya juga akan disematkan di All New Kawasaki Ninja ZX-4R, seperti sistem KTRC Kawasaki Traction Control, anti-spin wheel protection, suspensi depan upside down ukuran 37 mm, dengan suspensi belakang Horizontal Backlink Suspension.

Selain itu masih ada sistem Assist & Slipper Clutch, Electric Throttle, dan Power Mode yang dapat diatur menjadi 2 level. Kemudian ada sistem ABS depan dan belakang, serta sistem Kawasaki Quick Shifter untuk menghadirkan perpindahan gigi yang mulus tanpa harus menekan tuas kopling.

(lua/din)