ADVERTISEMENT

Harley-Davidson Resmi Hentikan Bisnis dan Pengiriman Sepeda Motor ke Rusia

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 04 Mar 2022 12:01 WIB
Harley-Davidson Rasa Lamborghini
Logo Harley-Davidson Foto: Thunderbike
Jakarta -

Harley-Davidson secara resmi mengumumkan telah menangguhkan bisnis dan pengiriman motor gede (moge) baru ke Rusia. Hal ini disebabkan karena invasi yang dilakukan oleh Rusia ke Ukraina dalam beberapa pekan terakhir.

Dilansir dari Reuters, Harley-Davidson mengikuti jejak sejumlah produsen otomotif lainnya yang telah lebih dahulu menghentikan produksi dan pengiriman ke Rusia. Sehingga, sejumlah sepeda motor yang awalnya akan dikirim ke Rusia kini bakal dialihkan ke negara lain.

"Mengingat krisis di Ukraina, Harley-Davidson telah menangguhkan bisnisnya di Rusia dan seluruh pengiriman sepeda motor ke negara tersebut. Kami selalu bersama dengan masyarakat Ukraina yang terdampak dari krisis ini," tulis pernyataan Harley-Davidson.

Namun, pabrikan asal Amerika Serikat itu tidak merinci terkait rencana penangguhan bisnis dan pengiriman moge ke Rusia. Akan tetapi pihak Harley-Davidson memastikan bahwa rencana itu tidak akan berdampak pada penjualan sepeda motor secara global.

Harley Davidson 2022Harley-Davidson 2022 Foto: Dok. Anak Elang Harley-Davidson

Kini, Harley-Davidson menjadi pabrikan roda dua pertama secara global yang resmi menarik bisnis mereka dari Rusia. Sementara itu, merek lain asal Amerika Serikat yang juga sudah menghentikan produksi dan pengiriman mobil ke Rusia di antaranya ada Ford dan General Motor (GM).

Chris Hodson selaku analis senior dan mitra di Edgewater Research mengatakan, sejauh ini Harley-Davidson telah memiliki 10 dealer yang tersebar di Rusia. Sementara itu, secara keseluruhan Harley-Davidson telah memiliki 369 dealer di kawasan Eropa. Dengan begitu, benua Eropa merupakan pasar terbesar kedua bagi penjualan moge Harley-Davidson setelah Amerika Serikat.

Sosok Vladimir Putin yang Hobi Naik Moge Harley-Davidson

Ketika Harley-Davidson menghentikan bisnisnya di Rusia, bisa jadi hal ini akan berpengaruh pada hobi sang Presiden Rusia, Vladimir Putin. Sebab, Putin disebut memiliki beragam koleksi motor, salah satunya adalah motor gede (moge) Harley-Davidson beroda tiga.

Presiden Vladimir Naik Motor tanpa helmIlustrasi Presiden Vladimir Naik Motor Foto: Kremlin.ru

Ada sejumlah motor yang pernah jadi tunggangan Putin. Pertama adalah moge roda tiga Harley-Davidson Lehman Trike. Beberapa tahun lalu, Putin berkendara dengan klub motor Night Wolves ke sebuah pertunjukan sepeda motor dan memimpin kawanan itu. Dia muncul dengan moge Harley-Davidson Lehman Trike.

Selain itu, Putin juga pernah menunggangi motor buatan Rusia, yakni Ural. Motor Ural yang ditunggangi Putin itu menggunakan sespan untuk membawa penumpang.



Simak Video "Impresi Pertama Harley-Davidson Sportster S: Lini Termurah, tapi Tetap Gagah!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT