ADVERTISEMENT

Yamaha Fazzio Pakai Teknologi Hybrid, Segini Ongkos Servisnya

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 06 Feb 2022 13:51 WIB
Yamaha Fazzio Hybrid Connected
Yamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Yamaha Fazzio jadi motor 125 cc yang dibekali canggih. Selain fitur konektivitas, salah satu keunggulan dari motor retro modern ini ialah Electric Power Assist Start. Lalu, bagaimana dengan biaya jasa servisnya, apakah lebih mahal?

Keunikan dari Fazzio ialah sistem hybrid yang terpasang, yakni menggunakan dua sumber tenaga dari mesin dan Electrik Power Assist Start. Sejumlah komponen yang saling bersinergi antara lain Starter Generator Control Unit, Smart Motor Generator (SMG), dan baterai atau aki.

Manajer Technical & Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) , Aji Handoko, mengatakan perawatan Yamaha Fazzio sama seperti skutik 125 cc lainnya.

"Secara perawatannya sebetulnya sama dengan motor-motor yang ada. Bahkan item perawatannya pun sama. Karena relative part-nya juga sama. Sebagai acuan saja, kalau di flagship ini kita samakan dengan ongkos servisnya FreeGo, Rp 80 ribu," jelas Aji saat ditemui di Bogor, Jawa Barat beberapa waktu yang lalu.

Aji juga menjelaskan beban kerja aki yang bertambah tidak memengaruhi keawetan. Sebab, Fazzio dibekali sistem battery life charging. Bicara soal harga eceran tertinggi dari aki dari Fazzio dijual Rp 287 ribu.

"Jadi pada kondisi tertentu misalnya voltasenya terlalu rendah itu dia akan mematikan sistem assist maupun start stopnya sampai voltasenya kembali normal lagi dan bisa digunakan dengan normal," ucap Aji.

"Dengan kondisi tersebut tentu baterai selalu terjaga kondisinya. Kalau umurnya dari hasil testing kita, kalau kita lihat sampai saat ini aman-aman saja, harusnya kalau kondisi baterai normal 2-3 tahun. Tapi dengan tambahan battery life ini performanya bisa selalu terjaga selama periode tersebut," tambah dia.



Simak Video "Laris! Yamaha Fazzio Sudah Laku Nyaris 2.000 Unit di Jateng"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT