ADVERTISEMENT

Peluang Honda ADV pakai Mesin 160 seperti Vario

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 04 Feb 2022 08:09 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) telah luncurkan skutik yang jadi fenomenal di kalangan pencinta roda dua Indonesia. Motor itu Adalah Honda ADV 150. Penasaran?
Honda ADV 150 Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Honda Vario 160 kini berbagi platform mesin dari PCX terbaru. Bagaimana dengan skutik petualang Honda ADV?

Ya, hanya tinggal Honda ADV yang belum menggunakan mesin 160 cc empat katup tersebut. Memang umurnya masih tergolong muda di Indonesia, baru dua tahun, dihitung sejak peluncuran pada GIIAS 2019.

Belakangan tersiar kabar dari Greatbiker, Honda ADV 160 bakal meluncur pada tahun 2022. All New Honda ADV 160 akan mengusung basis mesin yang sama seperti PCX dan Vario. Namun prediksinya, tampilan secara keseluruhan akan tetap mirip dengan Honda ADV 150 yang dijual saat ini.

"Segalanya bisa terjadi, kamu mau?" ujar President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Keiichi Yasuda saat ditemui di sela-sela peluncuran Honda Vario 160 beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya mengatakan bahwa pihaknya masih fokus pada penjualan PCX dan Vario dari mesin 160 cc tersebut. Namun tak menutup kemungkinan untuk memasangkan teknologi mesin serupa pada Honda ADV.

"Kita fokus di PCX dan Vario dulu. Kita pelajari kebutuhan konsumen dulu seperti apa." kata Thomas.

Diberitakan sebelumnya kemungkinan juga Honda ADV 160 bakal mengusung sistem HSTC Honda Selectable Torque Control) seperti PCX 160. HSTC ini berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Saat ini, HSTC dapat dijumpai pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR 1000RR, X-ADV 750, Forza dan PCX 160.

Fitur HSTC itu dianggap cocok dengan karakter Honda ADV 160. Apalagi, Honda ADV 160 mengusung karakter ala motor serba bisa untuk menaklukkan berbagai kondisi jalan.

Selain ADV 160, Honda juga akan meluncurkan All New ADV 350. Honda ADV 350 kabarnya bakal diproduksi di Thailand. Skuktik ini mengambil basis mesin All New Forza 350 eSP+ dengan berbagai penyempurnaan dan peningkatan. Untuk diketahui, Forza 350 saat ini memang dibuat di Thailand.



Simak Video "Honda New ADV 160 Resmi Melantai di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT