Bamsoet Resmikan Rumah Bersama bagi Komunitas Bikers RI

Jihaan Khoirunnisaa - detikOto
Sabtu, 22 Jan 2022 22:11 WIB
Bamsoet
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meresmikan Bikers House. Sesuai namanya, bikers house merupakan sebuah rumah bersama bagi berbagai komunitas otomotif khususnya para bikers, di antaranya Indian Riders Group Jakarta Chapter, Motor Besar Indonesia Pusat, Victory indian Club Indonesia, dan Vintage Electric Bikers.

Bamsoet mengatakan ke depan tidak menutup kemungkinan akan bertambah banyak berbagai komunitas otomotif yang akan menjadikan Bikers House sebagai home base mereka.

"Memiliki 2 lantai plus satu rooftop, Bikers House juga menjadi tempat berkumpul bagi para komunitas otomotif untuk melepas lelah setelah melakukan penatnya aktivitas pekerjaan. Di sini mereka bisa melakukan berbagai aktivitas, dari mulai berdiskusi, menyanyi, bahkan memasak hingga santai sejenak di rooftop dengan menikmati pemandangan langit Jakarta," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (22/1/2022).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menilai dengan bergabung dalam komunitas motor akan memperluas jaringan persahabatan. Sekaligus membuka berbagai kesempatan peluang usaha. Selain itu, para bikers juga bisa membawa banyak pesan-pesan kebangsaan lewat kegiatan yang dilakukan. Seperti tidak pernah meninggalkan teman, semangat gotong royong mencapai tujuan, hingga solidaritas dalam memecahkan persoalan.

"Karenanya Bikers House juga harus bisa mentransformasikan para komunitas otomotif yang saat ini menjadi kekuatan sosial, untuk dikembangkan menjadi kekuatan ekonomi. Salah satunya dengan terus menerus membantu pemerintah mempromosikan berbagai destinasi wisata di berbagai wilayah Indonesia, yang bisa dilakukan melalui kegiatan touring, membuka usaha bersama, hingga menyukseskan berbagai kejuaraan otomotif dunia yang akan diselenggarakan di Indonesia. Dari mulai MotoGP di Mandalika hingga Formula E di Jakarta," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini berharap kehadiran Bikers House dapat meningkatkan partisipasi anggota komunitas otomotif dalam mewujudkan Global for Road Safety, mulai dari tingkat nasional hingga daerah. Sekaligus juga membina serta meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam keterampilan mengemudi kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil.

"Hal lain yang tidak kalah penting adalah untuk senantiasa aktif melakukan berbagai kegiatan sosial, sebagaimana yang selama ini sudah dilakukan dan harus semakin ditingkatkan. Para anggota komunitas otomotif yang berasal dari kalangan tingkat ekonomi menengah dan atas, tidak boleh melupakan saudara sebangsa yang sedang mengalami berbagai musibah. Baik karena bencana alam maupun musibah dalam bentuk lainnya," pungkas Bamsoet.

(fhs/ega)