Sirkuit Mandalika Terus Berbenah, Ditarget Rampung 14 Maret 2022

Erika Dyah - detikOto
Sabtu, 22 Jan 2022 19:07 WIB
MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo optimistis pembenahan Sirkuit Internasional Mandalika Lombok bisa diselesaikan maksimal tanggal 14 Maret 2022. Termasuk juga dengan sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Dengan tercapainya target tersebut, Bamsoet meyakini pelaksanaan balapan internasional MotoGP 2022 yang akan dilakukan di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022 dapat berlangsung sukses.

"Sejumlah perbaikan sarana dan prasarana di dalam Sirkuit Internasional Mandalika sudah selesai dilakukan. Semisal, race track, race second building, race electronic, grand stand, VIP village serta temporer facility untuk menambah tempat bagi para pembalap dan tim," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (22/1/2022).

Hal ini ia sampaikan usai bertemu mantan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto yang ditunjuk menjadi Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam pertemuan tersebut, Bamsoet menuturkan perbaikan sarana dan prasarana pendukung di luar Sirkuit Internasional Mandalika juga terus dilakukan. Adapun pekerjaan yang tengah dilakukan antara lain, pelebaran jalan dari dua jalur menjadi empat jalur, perbaikan drainase, hingga penghijauan di sepanjang jalan bundaran Bandara Internasional Lombok sampai Bundaran Sunggung.

"Penghijauan juga dilakukan di lima bukit yang ada di sekitar Sirkuit Internasional Mandalika. Pembangunan observation gate di Bukit 360 Mandalika yang berada di tikungan 10 Sirkuit Mandalika terus dikebut. Bukit 360 ini memiliki pemandangan 360 derajat menghadap langsung Sirkuit Internasional Mandalika dan Samudera Hindia," kata Bamsoet.

Lebih lanjut, Bamsoet menjelaskan nantinya akan dilakukan mekanisme travel bubble saat para pembalap dan tim MotoGP datang ke Indonesia. Menurutnya, Travel bubble ini ditetapkan agar para pembalap dan tim dapat melakukan kegiatan dengan menghindari risiko penularan virus COVID-19.

"Dorna telah menyetujui penerapan travel bubble bagi pembalap, kru, dan official tim yang akan mengikuti MotoGP di Mandalika. Selama travel bubble diterapkan, para pembalap dan tim boleh melakukan uji coba di paddock," pungkas Bamsoet.

Meski demikian, ia menekankan bahwa seluruh pihak terkait hanya boleh berinteraksi di antara mereka saja dan tidak boleh ke mana-mana. Sehingga aktivitas di paddock juga akan tertutup bagi masyarakat umum.

Sebagai informasi, pertemuan Bamsoet dengan Hadi Tjahjanto turut dihadiri oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer dan jajaran direksi baru MGPA, antara lain Direktur Utama Priandi Satria, para wakil Dirut Cahyadi Wanda, Aji Munarwiyanto, Samsul Purba dan Pembalap senior dan Dewan Pembina IMI Pusat Rikardo Gelael.

(fhs/lth)