Yamaha EMF 2022 Meluncur, Skutik Listrik dengan Harga Rp 51,7 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 21 Jan 2022 10:22 WIB
Skuter listrik Yamaha EMF 2022
Foto: Yamaha Taiwan. Skuter listrik Yamaha EMF 2022.
Jakarta -

Yamaha baru saja merilis skutik terbaru di Taiwan, EMF 2022. Skutik ini dibekali mesin listrik full baterai dengan desain yang futuristis. Banderol skutik ini cukup tinggi, mencapai Rp 51,7 juta.

Yamaha EMF 2022 merupakan hasil kerja sama Yamaha dengan produsen motor listrik asal Taiwan, Gogoro. EMF sendiri adalah singkatan Electro Motive Fighter, yang dikembangkan dari 3 konsep utama: Menyenangkan, Kekuatan, dan Melampaui.

Secara desain, skuter ini tampil dengan desain cukup minimalis. Bagian depan hadir dengan bentuk fairing tipis, setang telanjang, dan lampu LED model bertumpuk yang meningkatkan kesan modern.

Skuter listrik Yamaha EMF 2022Skuter listrik Yamaha EMF 2022 Foto: Yamaha Taiwan

Yang unik dari motor ini yakni menggunakan velg kecil ukuran 10 inci dengan profil gambot. Lalu suspensi depannya masih pakai model teleskopik, dan suspensi belakang pakai shock absorber ganda.

Sistem pengereman pakai rem cakram depan dan belakang, dengan sistem pengereman UBS kaliper radial 4 piston. Motor ini memiliki panel layar LCD, dapat dihubungkan ke smartphone melalui aplikasi Y-Connect. Kerennya lagi, motor ini menggunakan kartu NFC untuk menyalakan mesinnya.

Di sisi dapur pacu, motor ini dibekali mesin full listrik yang menghasilkan tenaga kuda maksimum setara 10,3 PS di 3.000 rpm dan torsi puncak 26 Nm pada 2.500 rpm. Soal performa, 0-50 km/jam dapat diraih hanya dalam 3,5 detik. Bobot Yamaha EMF 2022 cukup ringan, hanya 95 kg.

Skuter listrik Yamaha EMF 2022Skuter listrik Yamaha EMF 2022 Foto: Yamaha Taiwan

Yamaha EMF 2022 dibekali 2 baterai (jika pakai 2 baterai, berat totalnya menjadi 114 kg) dari merek Gogoro. Yamaha belum mengonfirmasi berapakah jarak tempuh yang bisa dicapai dengan 2 baterai tersebut. Soal harga, kabarnya Yamaha EMF 2022 dibanderol dengan harga 99.800 dolar Taiwan, setara Rp 51,7 juta.

Kapan Skutik Listrik Yamaha Dijual di Indonesia?

Di Indonesia, hingga saat ini Yamaha masih fokus menjual motor dengan mesin konvensional berteknologi pembakaran dalam. Namun belum lama ini, Yamaha Indonesia telah meluncurkan inovasi baru yang diklaim sebagai mesin berteknologi hybrid, yang disematkan di skutik retro terbaru, Fazzio.

Beberapa waktu lalu, Yamaha Motor Corp, juga mengutarakan rencananya merilis skuter listrik di beberapa pasar wilayah Eropa dan Asia. Dua motor ini sebelumnya pernah dipamerkan dalam Tokyo Motor Show 2019.

Skuter listrik Yamaha EMF 2022Skuter listrik Yamaha EMF 2022 Foto: Yamaha Taiwan

Dikutip dari Bloomberg (30/12/2021), berdasarkan penuturan Chief Excecutive Officer, Yamaha Motor Co, Yoshihiro Hidaka, bahwa pabrikan berlambang garpu tala ini akan menawarkan skuter listrik kecil di wilayah Eropa.

Sedangkan skuter listrik skala sedang akan diperkenalkan di wilayah Eropa, Jepang, China, Malaysia, Indonesia, dan Thailand menggunakan sistem sewa atau rental. Model-model motor listrik yang masuk dalam jalur produksi itu ialah dua motor yang pernah dipamerkan dalam Tokyo Motor Show 2019, yakni E01 dan E02.

Yamaha e-Vino mulai dipasarkan.Yamaha e-Vino Foto: Yamaha

Yamaha Pernah Luncurkan Skuter Listrik E-Vino di Indonesia

Skuter listrik Yamaha, E-Vino, sudah diperkenalkan di Indonesia sejak November 2017 lalu. Itu artinya di tahun 2020 ini E-Vino sudah menginjak tahun keempat usianya di Indonesia. Namun hingga kini belum dijual resmi.

President Director dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Minoru Morimoto saat ditemui beberapa waktu yang lalu di Sentul belum memberikan informasi lebih lanjut terkait E-Vino. Diketahui E-Vino masih dalam batas studi internal.

Seperti diketahui Yamaha melakukan studi E-Vino dengan terlebih dahulu menyerahkan unit tes ke empat institusi rekanannya, yakni Universitas Pelita Harapan (UPH), Kebun Raya Bogor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, dan The Breeze BSD.

(lua/lth)