Spesifikasi Fazzio Hybrid di Indonesia: Fitur, Mesin, Harga

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 17 Jan 2022 13:59 WIB
Yamaha Fazzio Hybrid Connected (LUX)
Yamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
Jakarta -

Yamaha Fazzio Hybrid Connected resmi rilis di Indonesia, Senin (17/1/2021). Skutik retro ini membawa sejumlah teknologi kekinian guna menggoda konsumen Indonesia.

Pertama kali di kelasnya, motor 125 cc mengusung sistem hybrid. Selain itu, Fazzio Hybrid juga dibekali berbagai fitur untuk menunjang mobilitas pengendara. Nah, berikut ini ulasan singkat mengenai Fazzio Hybrid Connected.

Desain

Pertama soal desain, Fazzio Hybrid mengusung motor skuter retro modern. Seperti diketahui tren ini memiliki segmentasi pasar tersendiri, terbukti ada Honda Scoopy, Yamaha Vino, Benelli Panarea, dan Vespa.

Yamaha mengkategorikan Fazzio Hybrid Connected untuk masuk ke dalam segmen Classy Yamaha. Identik dengan aura klasik tapi tetap modern.

Kesan klasik terlihat deri batok yang membulat pada area depan di mana lampu utamanya sudah mengusung teknologi LED. Kemudian turun ke area bodi depan kesan membulat juga masih terpancar.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected (LUX)Yamaha Fazzio Hybrid Connected (LUX) Red Foto: Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Masuk ke area kokpit, panel instrumennya sudah full digital. Pun sudah terintegrasi dengan Y-Connect. Areanya dibentuk seperti pil yang unik.

Lalu ke area samping, tongkrongan dari Fazzio Hybrid ini seperti skutik pada umumnya. Dek untuk pijakan kaki dibuat rata tak bertingkat seperti Maxi Series.

Desainnya tidak saklek membulat, sedikit mengotak, terutama di area bodi belakang. Sepintas mirip garis desain skutik nyentrik Yamaha QBIX 125.

Saat melirik area kaki-kaki velgnya pakai desain palang enam ring 12 dengan ukuran ban 110/70 pada depan dan belakang.

Fitur kekinian dan akomodasi

Yamaha Fazzio 125 Hybrid Connected dibekali beberapa fitur kekinian yang menunjang aktivitas pengendara. Di antaranya motor ini sudah dibekali dengan Smart Key System dan Answer Back, teknologi Y-Connected yang bisa terintegrasi dengan smartphone.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected (LUX)Yamaha Fazzio Hybrid Connected (LUX) Cyan Foto: Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Sementara untuk menunjang mobilitas, Fazzio 125 sudah dibekali dengan kapasitas bagasi 17,8 liter, double hook carabiner, open pocket di sebelah kanan, dan socket charger di sebelah kiri dengan kompartemen yang tertutup, dan lampu hazard.

Dimensi Fazzio Hybrid Connected

Secara dimensi Fazzio punya ukuran panjang 1.820 mm, Lebar 685 mm, tinggi 1.125 mm. Tempat duduknya juga ramah dengan tinggi rata-rata orang Indonesia, Fazzio punya ground clearance 135 mm. Sementara bobotnya hanya 95 kg dengan kapasitas tangki bensin 5,1 liter.

Ternyata Fazzio lebih ringkas dari Yamaha Fino, sebagai pembanding Fini punya dimensi panjang 1.870 mm, 700 mm, dan tinggi 1.066 mm. Pun bobotnya lebih ringan 4 kilogram dari Fino.

Mesin Fazzio Hybrid Connected

Selain desain yang segar untuk pasar Indonesia, Fazzio Hybrid Connected juga dilengkapi dengan mesin Blue Core Hybrid.

Sederhananya, Yamaha menjelaskan teknologi hybrid ini bisa mendapatkan akselerasi awal yang bertenaga dan halus dengan power assist yang bersumber dari baterai. Tarikan awal itu terbantu selama 3 detik pertama dari 2 sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start, yang diklaim bermanfaat saat membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Fazzio semakin canggih karena motor ini dilengkapi sistem One Push Start yang membuat mesin cepat menyala dengan satu sentuhan serta Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat motor tidak digunakan sehingga lebih menghemat bahan bakar.

Di atas kertas Fazzio Hybrid sudah mengusung mesin 125 cc satu silinder dengan daya maksimum 6,2 kW di 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Varian dan harga

Yamaha Fazzio Hybrid Connected memiliki 2 (dua) kategori dengan tampilan warna yang berbeda, yaitu FAZZIO LUX dengan tampilan warna elegan dan FAZZIO NEO dengan tampilan warna sporty.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected (LUX)Yamaha Fazzio Hybrid Connected (LUX) Prestige Silver Foto: Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Yamaha Fazzio Hybrid Connected LUX hadir dengan 2 (dua) pilihan warna premium, LUX Matte Black dan LUX Prestige Silver. Sedangkan, Yamaha Fazzio Hybrid Connected NEO hadir dengan 4 (empat) pilihan warna sporty, NEO Cyan, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected NEO dengan tampilan warna glossy dipasarkan dengan harga Rp 21,700,000 OTR Jakarta, sedangkan Yamaha Fazzio Hybrid - Connected LUX dengan tampilan matte seharga Rp 22.000.000 OTR Jakarta. Motor ini bisa dibeli di seluruh dealer resmi Yamaha Indonesia mulai bulan Januari 2022.



Simak Video "Calon Pembeli Yamaha Fazzio Harap Bersabar, Motornya Masih Inden"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)