ADVERTISEMENT

Andai All New Yamaha Fino Pakai Warna dan Grafis Seperti Ini, Setuju Nggak?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 10 Jan 2022 15:42 WIB
Render warna dan livery All New Yamaha Fino oleh Julak Sendie
Foto: Dok. Julak Sendie Design. Render warna dan livery All New Yamaha Fino oleh Julak Sendie.
Jakarta -

Sketsa paten skutik retro terbaru Yamaha terungkap melalui bocoran dokumen yang diunggah oleh laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM RI. Bagaimana seandainya jika paten sketsa skutik retro itu diberi warna dan grafis?

Jika dilihat dari desainnya, skutik tersebut kemungkinan besar adalah model Yamaha Fino terbaru. Layaknya sebuah blue print, gambar paten itu masih polosan, dengan warna abu-abu gelap. Maka itu, desainer lokal, Julak Sendie, coba memberikan warna dan grafis pada sketsa tersebut.

Julak Sendie Design (JSD) membuat desain custom dengan menambahkan warna pada cover body-nya. Ada dua pilihan warna, yakni merah-putih, dan warna kuning polos.

Render warna dan livery All New Yamaha Fino oleh Julak SendieRender warna dan livery All New Yamaha Fino oleh Julak Sendie Foto: Dok. Julak Sendie Design

"Desain pertama adalah desain cover body warna merah dan putih yang terinspirasi dari Yamaha Q-BIX 125. Cover body motor diberi warna dasar putih yang dipadu dengan warna merah pada bagian dashboard tengah, jok, behel, sebagian cover headlamp dan sebagian pada tameng depan. Agar terlihat dinamis, JSD juga menambahkan striping garis dengan label Yamaha pada cover depan dan stiker besar bertuliskan 125 di bagian cover body belakang," tulis JSD di website pribadinya.

"Selanjutnya JSD juga membuat desain kedua dengan warna berbeda yaitu warna kuning untuk semua cover body dan velg yang berwarna putih. Dengan warna cover body yang solid dan cerah membuat dimensi dan shape dari motor ini bisa terlihat lebih jelas. Desain striping yang JSD gunakan masih sama dengan desain sebelumnya hanya saja warna yang digunakan berbeda. Desain ini terlihat lebih simpel tapi fresh, serta menampilkan kesan elegan dari warna yellow matte," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, bocoran sketsa paten skutik baru Yamaha diketahui dari sebuah dokumen yang diunggah di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM RI. Dokumen tersebut diajukan dengan nomor permohonan A00202104357.

Perlindungan terhadap paten tersebut dimulai sejak tanggal 30 Desember 2021. Adapun yang mengajukan perlindungan paten tersebut adalah tiga orang desainer berkewarganegaraan Jepang.

Render warna dan livery All New Yamaha Fino oleh Julak SendieRender warna dan livery All New Yamaha Fino oleh Julak Sendie Foto: Dok. Julak Sendie Design

Jika diamati, paten skutik ini sangat kental aura retro. Ditunjukkan dengan model headlamp bulat dan besar, serta lampu sein model persegi panjang. Lalu pada bagian buritannya, garis desainnya juga selaras dengan bagian depan. Lampu rem dan lampu seinnya juga memanjang.

Kesan membulat hampir ada di setiap bagian bodi skutik ini. Tapi desainnya tidak bulat-bulat amat, melainkan juga agak mengotak, terutama di area bodi belakang. Sepintas mirip garis desain skutik nyentrik Yamaha QBIX 125.

Kalau sketsa paten skutik itu nantinya akan dijadikan All New Fino, tentunya itu menjadi kabar baik bagi pecinta Yamaha. Sebab model Fino yang ada saat ini kurang bisa menarik minat konsumen Indonesia.

Saat ini Yamaha Indonesia masih memasarkan Fino dalam tiga model, yakni Fino Grande Rp 20.500.000, Fino Premium Rp 19.340.000, dan Fino Sporty Rp 19.340.000.

(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT