Motor Listrik Uwinfly Gandeng PLN Jawa Barat, Harga Murah Meriah?

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 12 Des 2021 09:50 WIB
Motor listrik U-Winfly
Ilustrasi motor listrik U-Winfly Foto: Dok. U-Winfly
Jakarta -

Motor listrik merek Uwinfly di bawah payung PT Tangkas bekerja sama dengan PLN Jawa Barat. Harga motornya terbilang kompetitif dengan motor listrik yang dijual di Indonesia saat ini.

Penandatangan kerjasama pemasaran sepeda dan motor listrik ini dilakukan oleh General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, Agung Nugraha dan CEO PT Tangkas (Uwinfly) Don Papank di Rooftop Cafe PLN Jawa Barat, Sabtu (11/12/2021).

CEO PT Tangkas, Agung Pamungkas atau akrab disapa Din Papank mengatakan era electric vehicle (EV) merupakan keniscayaan. Apalagi sepeda motor merupakan alat transportasi yang mendominasi jalanan di Tanah Air.

"Kita sedang di gerbang masuk perpindahan motor BBM ke motor listrik, seperti saat waktu alat komunikasi Pager berubah ke Handphone," kata Don Papank dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (11/12/2021).

Don Papank, mengatakan penandatanganan dengan PLN JABAR sebagai langkah fundamental untuk mengkampanyekan penggunaan motor listrik di tanah air.

"Motor listrik dan sepeda listrik adalah sebuah keniscayaan yang pasti akan terjadi dalam waktu dekat," ujar dia.

Don Papank mengatakan, motor listrik Uwinfly saat ini sudah menjadi leading market di Indonesia, bahkan disebut sebagai Motor Rakyat karena harganya kompetitif.

Motor listrik U-WinflyPenandatanganan U-Winfly - PT Tangkas dengan PT PLN UID Jawa Barat Foto: Dok. U-Winfly

Dia juga mengklaim bahwa kerjasama dengan PLN Jabar ini akan memberikan efek domino dan snowball promo dalam pemasaran di Jabar. Salah satu bentuknya dengan penawaran insentif listrik kepada warga Jabar yang menggunakan motor listrik.

"Bagi hasil profit kami dengan PLN Jabar langsung diberikan kembali kepada masyarakat jabar dalam bentuk Insentif listrik. Ada 12 juta lebih unit motor bbm saat ini dijabar, kalau dalam setahun saja kami bisa lakukan penetrasi 10% itu artinya 1,2 juta motor setahun, yang berarti masyarakat Jabar akan menikmati Insentif PLN senilai Rp 500 M dari bagi hasil kami, dan akhirnya PLN sebagai mitra kami pun akan mendapatkan Leads Capital KPI untuk penggunaan listrik," kata Papank.

Seperti diketahui Uwinfly yang berasal dari kota Tianjin China saat ini memiliki fasiltas pabrik berlokasi di Kawasan Industri Candi, Semarang Jawa Tengah. Uwinfly-Tangkas juga turut menggandeng Pakar Ketenagalistrikan, Ir Arif Wahyu Adi, MSc., MBA yang juga merupakan ahli di Battery Expert.

"Kecepatan produksi pabrik kami saat ini adalah 12 ribu sampai dengan 14 ribu per bulan, dan terus meningkat, sebagai akselerasi kami pun akan memperluas pabrik hingga 50.000m2 dengan sistem yang GreenTech" kata Papank.

"Kita punya tanggung jawab terhadap anak cucu kita untuk udara yang lebih bersih," imbuhnya.

Jika melihat harga sepeda listrik lansiran Uwinfly yang dijual melalui platform e-commerce saat ini dibanderol mulai dari Rp 4.390.000, sedangkan kategori motor listrik mulai dari Rp 9.990.000.



Simak Video "Motor Listrik Lokal Bandung Melantai di GIIAS 2021, Dijual Rp 16 Jutaan!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)