Spesifikasi Mobil Listrik Seres SF5, Bisa Menempuh Jarak 1.000 Km

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 10 Des 2021 19:51 WIB
DFSK Seres SF5 diperkenalkan di GIIAS Surabaya
Seres SF5. Foto: DFSK
Jakarta -

Secara mengejutkan DFSK tampil di ajang GIIAS Surabaya 2021 dengan memamerkan mobil listrik canggih Seres SF5. Mobil listrik bergaya SUV tersebut diklaim bisa menempuh jarak sejauh 1.000 km sampai baterainya habis. Keren juga ya, seperti apa sih spesifikasi lengkap Seres SF5?

Desain Elegan dan Atraktif

Seres SF5 dikembangkan dalam model SUV untuk menyesuaikan dengan tren otomotif yang ada sekarang ini. Para insinyur DFSK menghadirkan sentuhan modern, elegan, dan stylish.

Ciri khas utama penampilan Seres SF5 adalah desain Sigma LED DRL yang menyerupai kilatan listrik, serta Diamond Grill. Kemudian di bagian belakang, terdapat Skyline Streamer-Go Through LED Taillight yang memanjang dengan pencahayaan yang natural dan terlihat artistik.

Keunikan lain Seres SF5 adalah Hidden Door Handle yang menyatu dengan body kendaraan. Handle pintu baru akan keluar ketika pembawa smart key berada di radius 1 meter dari mobil, dan apabila tidak ada aktivitas selama 30 detik maka handle pintu akan kembali bersembunyi sehingga kendaraan kembali terkunci.

Kesan gagah sebuah SUV Seres SF5 kemudian ditunjukan dengan pelek sporty berukuran besar 20 inci, yang dibalut ban standar profil 255/45 dari Pirelli P Zero yang biasa digunakan oleh sports car.

DFSK Seres SF5 diperkenalkan di GIIAS SurabayaDFSK Seres SF5 diperkenalkan di GIIAS Surabaya Foto: DFSK

Performa Layaknya Sports Car

Seres SF5 didukung performa bertenaga untuk memberikan sensasi berkendara menyenangkan dan bisa diandalkan di berbagai perjalanan. Para insinyur memberikan Super Performance dengan tenaga berlimpah, responsif, efisien, namun tetap ramah lingkungan.

Mobil ini dilengkapi sistem penggerak 4x4 yang didukung oleh High Performance Dual Electric Motor. Pengemudi akan disuguhkan kemampuan dari motor listrik performa tinggi berupa SEP200AC dengan tenaga 255 kW di depan dan HW150 dengan power 150 kW di Belakang.

Catatan resmi pihak Research and Development (R&D) menunjukan akselerasi 0 - 100 kilometer per jam Seres SF5 hanya membutuhkan 4,7 detik, atau setara dengan sports car pada umumnya.

Seres SF5 dilengkapi dengan pilihan mode berkendara dengan dukungan pengaturan elektronik. Pengemudi bisa memilih 5 mode berkendara, 4 mode perjalanan, 3 mode steer, dan 2 mode pengereman untuk disesuaikan dengan gaya berkendara.

Kedua motor listrik performa tinggi yang ditawarkan ini didukung dengan baterai Li-ion berdaya 35 kWH. Pengemudi bisa memanfaatkan charging station dengan kemampuan fast charging untuk mengisi daya baterai 20%-80% kurang dari 1 jam.

Apabila tidak tidak menemukan charging station di sekitar selama perjalanan, pengemudi juga tidak perlu khawatir karena Seres SF5 diklaim dilengkapi fitur unggulan Intelligent Extended Range Technology.

Seres SF5 dilengkapi dengan mesin motor bakar yang berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang energi listrik baterai di saat kondisi energi listrik di baterai tersisa sekitar 20%. Berkat teknologi ini, Seres SF5 bisa melaju hingga 1.000 kilometer.

Energi listrik yang dihasilkan serta dimiliki oleh Seres SF5 bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal lain, tidak terbatas hanya kepada penggunaan berkendara saja. Energi yang dimiliki Seres SF5 bisa dimanfaatkan untuk mendukung pengisian baterai kendaraan listrik lainnya, sampai digunakan sebagai sumber energi peralatan listrik rumah tangga, seperti teko pemanas air, audio speaker, dsb.

Mobil listrik Seres SF5Mobil listrik Seres SF5 Foto: Dok. DFSK

Smart Experience Seres SF5 untuk Menunjang Mobilitas Berkualitas

Seres SF5 dilengkapi Smart Experience yang tidak akan terlupakan. Kendaraan ini menawarkan berbagai kemudahan serta pengalaman perjalanan yang aman dan menyenangkan melalui rangkaian teknologi yang ditawarkan.

Para insinyur menghadirkan sensasi pengalaman berkendara yang berbeda melalui Smart Engine Start/Stop system terbaru. Mobil akan secara otomatis hidup dan mati tanpa perlu pengemudi menekan tombol. Pengemudi cukup duduk di kursi dan mengencangkan sabuk pengaman untuk menghidupkan kendaraan secara otomatis, dan pengemudi cukup keluar dari kendaraan untuk mematikan kendaraan.

Selama perjalanan, pengemudi juga didukung layar 12,3 inci LCD Smart Instrument Panel full digital. Layar ini sudah terkoneksi dengan kontrol pusat yang menampilkan informasi kendaraan, musik, dan informasi kemudi secara otonom. Selain itu, pengemudi juga akan disediakan sejumlah tampilan layar yang bisa diubah sesuai selera.

Keamanan serta fokus mengemudi kemudian ditingkatkan dengan keberadaan High Definition Head Up Digital (HUD) Display. Melalui proyeksi informasi yang ditampilkan, pengemudi tidak perlu repot untuk menundukan kepala selama mengemudi, sehingga bisa tetap fokus ke depan.

Untuk kenyamanan penumpang, ada dukungan head unit berukuran 17 inci Smart Centre Console Panel dengan desain vertikal. Head unit layar sentuh ini didukung dengan tampilan resolusi tinggi, sudah memiliki kemampuan perintah suara, wireless charging, HICar, pengaturan secara digital, dan pemutaran video/audio.

Teknologi terbaru yang ada di kendaraan ini adalah HICar yang merupakan singkatan dari Huawei Intelligence Car. HICar berupa cara pemetaan ponsel dan fungsinya mirip dengan CarPlay. HICar dihadirkan untuk meningkatkan Safety hingga konektivitas tidak akan terganggu dengan perangkat lain, Smart Connection yang membuat penumpang cukup satu kali menghubungkan ponsel pintarnya dan untuk seterusnya, Resource Sharing dimana kemungkinan kendaraan dan ponsel saling berbagi hardware, hingga Seamless Experience.

Terakhir, konektivitas antara pemilik dan Seres SF5 semakin lengkap berkat pengendalian mobil melalui ponsel pintar. Pemilik mobil dapat mengaktifkan sejumlah fitur hingga mendiagnosis kondisi kendaraan cukup dengan sentuhan di aplikasi yang sudah tersedia.

Mobil listrik Seres SF5Mobil listrik Seres SF5 Foto: Dok. DFSK

SERES Pilot Safe Driving Intelligent Assistant System yang Mendukung Berkendara Aman

Seres SF5 mendapatkan dukungan asisten berkendara melalui SERES Pilot Safe Driving Intelligent Assistant System. Fitur ini merupakan generasi terbaru dari driving intelligent assistance system yang didasari kebiasaan penggunaan dan kondisi penggunaan dengan kenyamanan dan keamanan mengemudi sebagai intinya.

Kerja SERES Pilot Safe Driving Intelligent Assistant System didukung oleh 16 titik sensor yang memungkinkan kendaraan membaca kondisi jalanan dan berkendara dengan akurat.

SERES Pilot Safe Driving Intelligent Assistant System terdiri atas fitur Lane Change Assistant, Lane Change Warning, Side Door Opening Warning, Lane Departure Warning, High-Speed Pilot Assistance, Full-Speed Adaptive Cruise, Automatic Emergency Braking, Traffic Jam Assist, Rear Cross Traffic Alert, Lane Keep Assist, Speed Limit Assist, dan 360 Panoramic View.

(lua/rgr)