Ekspor DFSK 'Made In Cikande' Meningkat 119 Persen, Dikirim ke 14 Negara

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 08 Des 2021 11:20 WIB
Mobil asal China, DFSK Glory 560 segera hadir ke pasar otomotif tanah air meramaikan persaingan di kelas SUV. Tak lengkap bila kehadirannya itu tanpa didampingi model-model cantik.
Ekspor mobil DFSK Foto: Pradita Utama
Jakarta -

DFSK mencatat pertumbuhan ekspor sepanjang Januari - Oktober 2021. Angkanya meningkat hingga 119 persen (year on year) jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

DFSK memiliki pabrik di Indonesia dengan nama PT Sokonindo Automobile di Cikande, Banten. Total investasi mencapai 100 juta dolar AS (sekitar Rp 1,4 triliun) dan berkapasitas produksi sebesar 50.000 unit per tahun.

Mobil-mobil DFSK 'Made In Cikande' menembus pasar otomotif global dan sudah diterima di 14 negara di benua Asia dan Afrika, yaitu Bangladesh, Maroko, Nepal, Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, Vietnam, Timor Leste, Hongkong, Nepal, dan beberapa negara lainnya.

Catatan ekspor DFSK untuk periode Januari - Oktober 2021 ini meningkat hingga 119 persen (Year on Year). Pada periode di tahun ini, DFSK sudah berhasil mengirimkan 1.766 unit kendaraan.

Jenis mobil yang dikirim DFSK ke sejumlah negara tujuan di antaranya Glory i-Auto, Glory 560, Supercab, Glory 580, dan DFSK Gelora.

Bila dirinci mobil yang diekspor secara utuh atau CBU (Completely Built Up) sepanjang Januari - Oktober 2021 totalnya 751 unit. Angka tersebut naik 10,8 persen dibandingkan periode yang sama.

Sedangkan angka ekspor terbesar dari DFSK tercatat dari capaian CKD (Completely Knocked Down) atau secara terurai. DFSK mengirim sebanyak 1.015 unit atau naik 686,8 persen dibanding periode sebelumnya. Tahun lalu, sepanjang Januari - Oktober 2020 hanya mengirim 129 unit secara CKD.

"Semangat kami dalam menghadirkan kendaraan berkualitas yang bisa diterima di dalam dan luar negeri menjadi visi DFSK sejak awal membangun pabrik di Indonesia. DFSK sudah berkomitmen dengan berakar kuat di Indonesia, ekspansi ke Asia Tenggara, dan didistribusikan ke seluruh dunia juga sejalan dengan visi pemerintah dalam meningkatkan ekspor otomotif yang sedang digunakan sekarang ini," ungkap PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi.



Simak Video "Ekspor Mobil 'Made in Indonesia' Meningkat, SUV Suzuki Kian Diminati"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)