Kawasaki Siapkan 3 Motor Listrik Sekaligus, Meluncur Tahun Depan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 04 Des 2021 18:17 WIB
Kawasaki Ninja Hybrid 250
Kawasaki bakal meluncurkan tiga motor listrik tahun depan (doc. Kawasaki/Motorcyclenews)
Jakarta -

Kawasaki tak sekadar berwacana dalam proyek elektrifikasi pada jajaran motornya. Kawasaki malah bakal langsung merilis tiga motor listrik sekaligus di tahun 2022.

Dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah rumor beredar menyatalan Kawasaki tengah mengembangkan sebuah motor listrik. Kabar tersebut semakin kencang terdengar setelah beberapa kali muncul paten sistem motor listrik dari pabrikan asal Jepang itu.

Kini, rumor tersebut terkonfirmasi setelah Kawasaki memberi jawaban langsung atas kabar motor listriknya tersebut.

Dilansir dari Electrek, sesuai dengan roadmap yang menjadi acuan perusahaan, rencananya hingga tahun 2025 mendatang Kawasaki bakal menyiapkan sebanyak 10 model motor listrik dan motor hybrid terbaru.

Ini sejalan dengan rencana besar Kawasaki yang pada 2035 bakal setop menjual sepeda motor berbahan bakar bensin dan beralih sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

Sebagai langkah awal atas target tersebut, Kawasaki siap meluncurkan tiga model motor listrik sekaligus untuk pasar global pada tahun 2022. Hal ini juga telah dikonfirmasi langsung oleh Presiden Kawasaki Motors Ltd, Hiroshi Ito dalam pameran otomotif EICMA 2021 yang berlangsung di Milan, Italia.

"Saya ingin membagikan komitmen baru dengan kalian semua, mulai tahun depan tepatnya pada 2022, kami akan meluncurkan minimal sebanyak tiga sepeda motor listrik secara global. Itu adalah janji kami," kata Hiroshi Ito beberapa waktu lalu.

Awalnya Kawasaki direncanakan memamerkan sepeda motor listrik pertamanya pada ajang EICMA tahun ini. Namun ternyata hal tersebut urung terwujud. Motor-motor itu diprediksi baru bisa diperkenalkan tahun depan.

Meski masih menjadi rahasia sepeda motor listrik apa yang akan diperkenalkan Kawasaki, namun kabar yang beredar menyinggung nama dua model andalan mereka yakni Ninja Z650 serta Kawasaki H2.

Sejauh ini, pabrikan roda dua asal Jepang tidak terlalu gencar dalam menciptakan kendaraan listrik. Yamaha dan Honda telah lebih dulu menghadirkan skuter listrik selama beberapa tahun terakhir, namun kedua perusahaan belum menentukan apakah bakal diproduksi secara massal dan dijual secara global.

Begitu juga dengan Suzuki yang saat ini masih mengembangkan skuter listrik. Namun begitu, Suzuki juga belum mengetahui secara pasti kapan skuter yang disetrum tersebut bakal diluncurkan.

Jika Kawasaki menepati janjinya dengan meluncurkan motor listrik tahun depan, maka Kawasaki akan menjadi produsen sepeda motor pertama asal Jepang yang telah meluncurkan motor listrik secara global. Menarik untuk ditunggu kejutan apa yang dibawa oleh Geng Hijau tersebut.



Simak Video "Motor Listrik Lokal Bandung Melantai di GIIAS 2021, Dijual Rp 16 Jutaan!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)