Kawasaki Versys 650 Terbaru Meluncur: Mesin Sama, Desain Makin Sporty

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 28 Nov 2021 15:13 WIB
Kawasaki Versys 650 2022
Foto: Dok. Kawasaki. Kawasaki Versys 650 2022.
Jakarta -

Produsen roda dua Kawasaki resmi memperkenalkan Kawasaki Versys 650 2022 pada acara pameran otomotif EICMA 2021 di Milan, Italia. Motor yang masuk di line-up petualang ini sekarang desainnya makin sporty dengan mengusung sejumlah fitur mumpuni.

Selain meluncurkan Ninja terbaru, Kawasaki juga membawa Versys 650 produksi tahun 2022. Kawasaki menghadirkan sejumlah pembaruan kecil mulai dari fitur berkendara hingga desainnya.

Dikutip dari Ride Apart, Kawasaki tidak membawa perubahan besar secara teknis pada bagian mesin. Namun, pabrikan asal Jepang ini mengusung berbagai fitur yang kekinian dan canggih.

Salah satu fitur yang dibawa adalah Kawasaki Traction Control. Teknologi ini memiliki dua tingkatan yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara, namun fitur ini juga bisa dinonaktifkan.

Selain itu ada juga fitur pengatur kecepatan sepeda motor otomatis yang disesuaikan dengan kendaraan di depan. Kemudian terdapat sensor radar yang membantu pengendara saat berpindah jalur dan sensor blind spot yang akan menampilkan visual di kaca spion.

Jika melihat desainnya, ada sedikit perubahan pada bagian depan Versys 650 terbaru. Lampu depannya kini sudah mengikuti desain dari model Ninja.

Sementara itu, fairing Versys 650 terbaru juga mendapat pembaruan yang kini dibuat lebih banyak lekuk dan garis tegas pada bagian cover body.

Lampu depan dan belakang sudah mengusung LED sehingga lebih nyaman saat berkendara di malam hari. Lalu, pada bagian panel instrumen sudah menggunakan teknologi digital yang modern, serta dibekali layar TFT berwarna dengan ukuran 4,3 inci.

Layar terbaru dari Versys 650 ini juga dapat terkoneksi dengan smartphone lewat Bluetooth. Tingkat kecerahan (brightness) layar juga bisa diatur oleh pengendara, lalu hadir juga mode dengan dua opsi antara gelap dan cerah guna memberikan visibilitas yang semakin baik.

Kawasaki juga menghadirkan Versys 650 LT 2022. Model ini dirancang untuk konsumen yang senang melakukan perjalanan jarak jauh dengan kenyamanan ekstra.

Pada tipe Versys 650 LT hadir juga berbagai macam aksesoris seperti lever guard, USB port, windshield, engine guard, tank pad, hingga boks yang terletak di bagian kanan, kiri, dan belakang sepeda motor.

Mengenai spesifikasinya, Versys 650 2022 dibekali mesin parallel-twin engine berkapasitas 649 cc yang telah memenuhi standar Euro 5. Soal tenaganya, motor ini dapat menghasilkan 66 hp @8.500 rpm serta torsi puncaknya 45 lb-ft @7.000 rpm.

Kawasaki menghadirkan sejumlah pilihan warna pada Versys 650 terbaru yaitu Metallic Spark Black/Metallic Flat Spark Black atau Candy Lime Green/Metallic Flat Spark Black/Metallic Spark Black. Sementara untuk tipe Versys 650 LT hanya tersedia opsi kelir Metallic Spark Black/Metallic Flat Spark Black.

Soal harga, Kawasaki memberikan sejumlah perbedaan harga sesuai dengan warnanya. Untuk kelir hitam dijual sebesar US$ 8.899 (Rp 128 juta), untuk warna hijau dibanderol mencapai US$ 9.099 (Rp 131 juta). Untuk versi Versys 650 LT yang tersedia hanya satu pilihan warna saja, dijual sebesar US$ 9.999 (Rp 144 juta).

(lua/lua)