Motor Listrik Vespa Serba Merah buat Perangi AIDS dan COVID

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 25 Nov 2021 15:11 WIB
Vespa Elettrica RED
Vespa Elettrica RED. Foto: Dok. Piaggio.
Milan -

Piaggio resmi meluncurkan Vespa edisi spesial. Kali ini, perusahaan asal Italia tersebut berkolaborasi dengan RED untuk menciptakan Vespa Elettrica yang hadir dalam balutan warna merah.

Dalam pameran EICMA 2021 yang digelar di Milan, Italia, Piaggio meresmikan skuter listrik Vespa Elettrica RED. Hasil penjualan produk ini bukan hanya untuk keuntungan perusahaan, namun juga didonasikan ke organisasi RED.

Sedikit informasi, RED merupakan organisasi amal yang awalnya didirikan untuk memerangi AIDS. Namun sekarang, RED juga ikut mendukung melawan virus COVID-19 yang melanda seluruh dunia.

Dalam situs resmi Piaggio, bagi konsumen yang membeli produk Vespa Elettrica edisi RED ini, dari hasil penjualannya akan diambil sebesar US$ 100 untuk disumbangkan ke organisasi amal di seluruh dunia dalam melawan AIDS serta COVID-19.

Vespa Elettrica REDVespa Elettrica RED Foto: Dok. Piaggio

Ini bukan pertama kali Piaggio bekerja sama dengan RED dalam meluncurkan Vespa edisi spesial. Sebelumnya pada 2017 lalu, Vespa edisi RED sudah hadir dengan mengusung model 946, kemudian pada 2020 dilanjutkan dengan tipe Primavera RED, hingga yang terbaru adalah skuter listrik Elettrica RED.

Soal desain dan fiturnya, tidak ada perubahan yang diusung pada Vespa Elettrica edisi spesial ini. Piaggio hanya menambah varian warna menjadi merah darah, sesuai kerja sama dengan organisasi RED.

Vespa Elettrica REDVespa Elettrica RED Foto: Dok. Piaggio

Skuter listrik tersebut tetap mengandalkan motor listrik bertenaga 4 kW. Baterainya sendiri memiliki kapasitas sebesar 4,2 kWh dengan lithium-ion.

Piaggio sendiri menghadirkan dua versi Vespa Elettrica yakni dengan kecepatan maksimum 45 km per jam dan 70 km per jam, yang cukup melintas di daerah perkotaan. Kedua versi ini memiliki spesifikasi yang sama, hanya terdapat perbedaan pada continuous power saja.

Meski sudah diluncurkan secara resmi dalam acara EICMA 2021, namun sampai saat ini Piaggio belum memberikan harga jual di pasaran.



Simak Video "Top! Piaggio Bangun Pabrik, Tahun Depan Vespa Dirakit di Dalam Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)