Piaggio Bakal Punya Pabrik di Cikarang, Mau Bikin Motor Listrik Juga?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 10 Nov 2021 20:18 WIB
Vespa Elettrica di EICMA Milan Motor Show
Vespa Elettrica Foto: EICMA
Jakarta -

PT Piaggio Indonesia melakukan ekspansi bisnis dengan mendirikan fasilitas pabrik di kawasan Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Kementerian Perindustrian mendorong agar brand asal Italia ini segera transisi ke arah elektrifikasi.

Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO Piaggio mengatakan fasilitas produksi akan mulai ngebul pada kuartal keempat tahun 2022. Sementara fokus modelnya ialah Vespa.

"Pada tahap pertama, merek ikonik kami, Vespa akan menjadi produk fokus dari kegiatanoperasional di fasilitas ini. Vespa pertama dari dan untuk Indonesia akan diluncurkan pada akhir tahun 2022," kata Marco saat ditemui di Kawasan Jababeka, Cikarang, Jawa Barat, Selasa (10/11/2021).

Dia memastikan ini merupakan langkah baru Piaggio sebagai komitmen bagi brand asal Italia ini di Indonesia. Marco menyebut bakal melakukan perluasan bisnis, kendati tidak merinci apakah termasuk dengan memproduksi motor listrik di Tanah Air.

Vespa Elettrica di EICMA Milan Motor ShowVespa Elettrica di EICMA Milan Motor Show Foto: EICMA

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang sempat menyinggung Piaggio untuk beralih ke motor listrik. Apalagi pemerintah Indonesia memiliki roadmap untuk tahun 2030 motor listrik diproyeksikan 13 juta unit untuk motor listrik dan mobil listrik 2,2 juta unit.

"Tentu ini suka atau tidak suka dan ini masa transisi kita harus mengarah ke situ. Mendorong agar PT Piaggio Indonesia melakukan pengembangan elektrifikasi sepeda motor," tutur Agus dalam kesempatan yang sama.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Taufiek Bawazier mengatakan rencananya fasilitas Piaggio di Cikarang tersebut juga akan memproduksi motor listrik.

"Ya nanti akan dirakit sini (pabrik Cikarang), ini kan 2022, targetnya (produksi motor listrik) 2023-2024," singkat Taufiek saat dikonfirmasi kemarin, Selasa (9/11/2021).

Pabrik PT Piaggio Indonesia dibangun di atas lahan seluas 55.000 meter persegi yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Indonesia menjadi negara keempat setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Italia, Vietnam, dan India.Pabrik PT Piaggio Indonesia dibangun di atas lahan seluas 55.000 meter persegi yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Indonesia menjadi negara keempat setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Italia, Vietnam, dan India. Foto: Ridwan/detikOto

Sebagai informasi, Indonesia menjadi negara keempat setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Italia, Vietnam, dan India. Secara global Piaggio sudah punya 2 model produknya lewat Vespa Elettrica dan Piaggio One.

Lokasi pabrik PT Piaggio Indonesia berjarak 35 kilometer dari timur Jakarta. Fasilitas yang bisa memiliki kemampuan 10 ribu per tahun itu berdiri lahan seluas 5,5 hektar.



Simak Video "Top! Piaggio Bangun Pabrik, Tahun Depan Vespa Dirakit di Dalam Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)