Kapan Skuter Listrik Piaggio dan Vespa Diboyong ke Indonesia?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 28 Jun 2021 19:49 WIB
Era mobilitas elektrik mulai menyambut. Vespa di pameran otomotif roda dua yang digelar di Milan, Italia, memperkenalkan skuter berenaga listrik, Vespa Elettrica.
Foto: Pool/Vespa. Motor listrik Vespa Elettrica.
Jakarta -

PT Piaggio Indonesia (PI) belum memboyong motor listrik ke Indonesia. Padahal seperti diketahui, merek ikonik asal Italia ini sudah memiliki dua produk skuter listrik dalam wujud Vespa Elettrica dan Piaggio One. Kenapa Piaggio belum ada niatan membawa salah satu model tersebut ke Indonesia?

Menurut , Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, Piaggio Group menaruh perhatian kepada inovasi dalam pengembangan produk, termasuk kendaraan ramah lingkungan.

Skuter listrik Piaggio OneSkuter listrik Piaggio One Foto: Piaggio

"Visi dari Piaggio adalah mengubah cara bermobilitas, sehingga tentu saja Piaggio Indonesia selalu menaruh perhatiannya khusus pada perkembangan di industri kendaraan listrik. Bahkan Piaggio Group sudah memiliki kendaraan listrik di bawah merek Piaggio dan Vespa," kata Marco, dalam konferensi virtual, Senin (28/6/2021).

Meski sudah memiliki produk skuter listrik, Piaggio Indonesia masih melakukan pemantauan terhadap perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air, sehingga pihaknya belum bisa memastikan kapan memboyong Vespa Elettrica dan Piaggio One ke Indonesia.

Era mobilitas elektrik mulai menyambut. Vespa di pameran otomotif roda dua yang digelar di Milan, Italia, memperkenalkan skuter berenaga listrik, Vespa Elettrica.Vespa Elettrica Foto: Pool/Vespa

"Namun Piaggio Indonesia sadar terdapat ada beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan untuk benar-benar memberikan penawaran yang lebih dan berbeda".

"Saat ini, Piaggio Indonesia masih terus memantau perkembangan ekosistem kendaraan listrik, termasuk yang pertama adalah infrastruktur, yang kedua adalah regulasi, yang ketiga adalah kesiapan distribusi, serta yang keempat adalah kesiapan layanan secara keseluruhan," lanjut Marco.

"Industri kendaraan listrik sepertinya akan menjadi hal yang sangat menarik bagi Piaggio Indonesia. Dan tentu saja, kami akan menginformasikan kepada teman-teman lebih lanjut dalam setiap perkembangannya," tukasnya.

(lua/din)