Suzuki Luncurkan Katana Paling Baru: Makin Gahar, Berlimpah Fitur

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 27 Nov 2021 16:13 WIB
Suzuki Katana 2022
Suzuki Katana 2022 meluncur di Eropa dengan beragam upgrade performa dan fitur (suzukipress.uk)
Jakarta -

Pada ajang EICMA 2021 yang berlangsung di Milan, Italia, Suzuki menghadirkan sepeda motor terbarunya yaitu Katana 2022. Membawa sejumlah pembaruan, desain Katana tetap terlihat gahar serta didukung segudang teknologi canggih.

Dikutip dari Cycle World, Suzuki menampilkan Katana terbaru yang terinspirasi dari Katana produksi tahun 1982. Menggabungkan desain sporty yang klasik, Katana 2022 hadir dalam sejumlah peningkatan dalam mesin dan fitur teknologinya.

Katana 2022 hadir dalam pilihan warna baru, salah satu opsi yang cukup menarik perhatian adalah Metallic Mate Stellar Blue dengan velg berkelir emas. Selain itu, ada juga warna Solid Iron Gray dengan velg warna merah.

Soal tampilannya, tidak ada perbedaan mencolok dengan versi Katana sebelumnya. Justru peningkatan ada di sektor performa mesin serta beberapa teknologinya.

Suzuki mengusung sepeda motor terbarunya dengan mesin yang dikembangkan dari GSX-S1000 2021. Katana 2022 menggendong mesin DOHC dengan liquid-cooled 4 silinder berkapasitas 999 cc dan sudah memenuhi standar Euro 5.

Suzuki Katana 2022Suzuki Katana 2022 Foto: suzukipress.uk

Soal performanya, Katana terbaru mampu menghasilkan tenaga sebesar 152 PS @11.000 rpm dan torsi puncaknya di angka 76,3 lb-ft pada putaran 9.200 rpm.

Pabrikan asal Jepang ini juga menghadirkan beragam fitur canggih, salah satunya Suzuki Intelligent Ride System atau S.I.R.S.

Beberapa fitur andalan lainnya adalah Suzuki Clutch Assist System dengan clutch slipper. Fitur ini membantu pengendara mencegah efek engine break saat menurunkan gigi dalam rpm tinggi.

Selain itu, ada juga teknologi quick shifter dua arah guna menghasilkan konversi gigi yang lebih halus. Katana 2022 juga hadir dengan lima mode kontrol traksi dan dapat dinonaktifkan, sistem ini akan mengurangi tenaga mesin ketika mendeteksi terjadi selip.

Suzuki Katana 2022Suzuki Katana 2022 Foto: suzukipress.uk

Ada juga fitur Sistem Suzuki Drive Mode Selector yang memiliki tiga opsi saat berkendara yaitu mode A (Active), B (Basic) dan C (Comfort).

Katana terbaru ini juga diklaim punya performa lebih baik dibanding pendahulunya dalam menyalurkan tenaga ke roda belakang. Hadir juga akselerator ride-by-wire yang dapat memastikan sensitivitas berkendara lebih nyaman.

Meski sudah diluncurkan kepada publik, belum ada pengumuman resmi mengenai harganya. Suzuki baru akan menjual Katana terbarunya pada pertengahan tahun 2022.



Simak Video "Irit Banget! Skutik Baru Suzuki Ini Tembus 100 km/liter"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)