GIIAS 2021

Honda PCX dan Yamaha Nmax Laris di Indonesia, Kok Suzuki Cuma Jadi Penonton?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 16 Nov 2021 17:39 WIB
Haojue UHR 150 yang diprediksi akan menjadi Suzuki Burgman 150
Haojue UHR 150 yang diprediksi akan menjadi Suzuki Burgman 150. Foto: Tangkapan layar YouTube Haojue Motos do Brasil.
Tangerang -

Segmen skuter matik (skutik) bongsor seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX cukup banyak peminatnya di Indonesia. Skutik bongsor dengan mesin 150-160 cc itu sudah banyak beredar di jalanan Indonesia. Suzuki nggak mau ikutan?

Teuku Agha, 2W Sales & Marketing Department Head Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, pihaknya belum mau masuk ke pasar skutik bongsor bermesin 150 cc ke atas. Apa alasannya?

"Dulu kita pernah motor itu kita coba yang 200 cc. Cuma waktu itu masanya masih belum. Kan kita juga pelajari produk-produk lain yang ada di dunia Suzuki punya. Sementara ini yang banyak yang di bawah 150 cc," ucap Agha saat ditemui di arena GIIAS 2021 di ICE, BSD, Tangerang, Selasa (16/11/2021).

Dia mengatakan, memang pasar motor 150 cc ke atas di Indonesia sedang meningkat. Tapi, Agha memastikan Suzuki belum mau ikutan nimbrung di pasar skutik 150 cc.

"Belum, kita masih di segmen di bawah itu," ucapnya.

Sebelumnya, skutik bongsor milik Suzuki yang diyakini sebagai Suzuki Burgman 150 ramai diperbincangkan. Perusahaan otomotif rekanan Suzuki di China, Haojue, merilis video promosi skutik 150 cc terbaru mereka, Haojue UHR 150 yang diyakini bakal menjadi Suzuki Burgman 150.

Dalam video itu, diperlihatkan sosok motor skutik 150 cc, dengan desain gambot dan didukung sejumlah teknologi modern. Dilihat sepintas, Haojue UHR 150 memiliki desain yang identik dengan Honda PCX. Desain fascia-nya cenderung elegan, dengan bentuk serba membulat. Bagian lampu utama dan lampu sein dibuat terpisah, dan tentunya dilengkapi teknologi LED dan DRL.

Motor ini memiliki windscreen (penghalang angin) yang cukup pendek, posisi kaca spion di setang, serta setang yang telanjang tanpa cover, mirip seperti yang ada di Honda PCX.

Senada dengan bodi depan, bodi tengah ke belakang juga dibuat dengan desain serba membulat yang elegan. Namun lampu belakang tetap bernuansa sporty dengan desain seperti huruf C dan sudah dibekali teknologi LED. Adapun lampu seinnya dibuat model terpisah, lagi-lagi mirip seperti PCX.

Untuk spesifikasi mesinnya sendiri belum diketahui pasti, tapi yang jelas akan menggunakan mesin 150 cc berpendingin cairan. Skutik ini juga akan hadir dengan teknologi terkini, seperti sistem pengereman ABS, sistem keyless, pengisi daya USB, serta panel instrumen full digital.



Simak Video "GIIAS 2021 Berakhir, Mungkin Hal Ini Terlewatkan Buat Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)