Terungkap, Suzuki Bakal Luncurkan Burgman Versi Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 06 Jan 2021 08:22 WIB
Suzuki sedang menyiapkan skutik Suzuki Burgman versi listrik. Suzuki tertangkap kamera sedang menguji Suzuki Burgman Electric. Motor listrik yang mirip dengan Suzuki Burgman Street ini bakal diluncurkan tahun ini.
Suzuki Burgman Electric. Foto: Dok. MotorBeam
Jakarta -

Suzuki tengah menyiapkan skuter bongsor Suzuki Burgman versi motor listrik. Suzuki Burgman Street Electric itu tertangkap kamera sedang diuji di jalanan India.

Dikutip MotorBeam, skuter listrik Suzuki Burgman itu diuji di jalanan umum. Mungkin banyak yang mengira bahwa ini Suzuki Burgman biasa bukanlah motor listrik. Motor ini dicat dengan warna putih dan biru, dan ada logo yang ditutupi.

Namun, terlihat bahwa ini merupakan versi motor listrik. Soalnya, tak ada knalpot yang terpasang di motor ini.

Suzuki Burgman electric ini bakal menjadi salah satu kendaraan listrik pertama Suzuki. Skuter ini mengusung gaya yang sama seperti versi mesin bensinnya. Namun kenyataannya, jantungnya sama sekali berbeda.

Suzuki sedang menyiapkan skutik Suzuki Burgman versi listrik. Suzuki tertangkap kamera sedang menguji Suzuki Burgman Electric. Motor listrik yang mirip dengan Suzuki Burgman Street ini bakal diluncurkan tahun ini.Suzuki sedang menyiapkan skutik Suzuki Burgman versi listrik. Suzuki tertangkap kamera sedang menguji Suzuki Burgman Electric. Motor listrik yang mirip dengan Suzuki Burgman Street ini bakal diluncurkan tahun ini. Foto: Dok. MotorBeam

Dilansir Rushlane, Suzuki Burgman Electric, dengan kondisi prototipe, akan diperkenalkan sekitar akhir tahun ini. Terlepas dari tema warna dual-tone baru, perbedaan mencolok antara model mesin IC dan model listrik adalah penambahan shock breaker di bagian belakang untuk menangani bobot ekstra.

Spesifikasi motor listrik Suzuki Burgman ini belum terungkap. Namun kemungkinan, motor ini menggunakan permanent magnet synchronous unit (AC) yang dipasang dekat dengan pusat gravitasi motor.

Motor tersebut kemungkinan besar akan menggunakan belt sebagai penerus daya ke roda. Tenaganya diperkirakan 5-6 kW.

Suzuki Burgman listrik diprediksi bakal dilengkapi dengan baterai lithium-ion dengan perkiraan daya jangkau 100 hingga 120 km. Skuter ini akan menerima subsidi jika dijual nanti mengingat lebih ramah lingkungan.



Simak Video "Begini Rasanya CBR150R dengan Aura Big Bike"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)