Pasar Motor Sport Sepi, Honda CB150X Ditarget Terjual Segini Setiap Tahunnya

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 13 Nov 2021 17:37 WIB
Honda CB150X
Honda CB150X. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Honda CB150X resmi diluncurkan di Indonesia. Kendati pasar motor sport adventure tidak seramai pasar motor matic, PT Astra Honda Motor (AHM) optimis CB150X bisa diterima konsumen Indonesia. Sebanyak apa target penjualan Honda CB150X?

Dijelaskan Marketing Director AHM, Thomas Wijaya, Honda CB150X diharapkan bisa memenuhi target penjualan di segmen adventure sport. "Targetnya 20 ribu unit per tahun atau dua ribu unit per bulannya," ungkap Thomas di The Springs Club, Tangerang, Jumat (12/11/2021).

Menurut Thomas, jika melihat data penjualan motor di segmen sport adventure, tahun 2021 ini mengalami kenaikan 38% dibanding tahun lalu saat krisis akibat pandemi Covid-19 sedang parah-parahnya.

"Harapan kami, dengan berbagai varian dan karakter dari produk sport yang kami sediakan untuk konsumen, kami harapkan sepeda motor Honda semakin dipercaya menjadi partner berkendara konsumen di Indonesia," sambung Thomas.

Di samping itu, Honda juga melihat jika konsumen motor sport adventure di segmen entry level sangat menjanjikan. Soalnya, banyak pengguna motor dual purpose yang memodifikasi motornya dengan ban on road supaya nyaman digunakan di jalan raya.

Sementara di sisi lain, pengguna naked bike juga banyak yang memodifikasi kendaraannya dengan ban dual purpose dan suspensi depan dengan travel lebih panjang, untuk mendukung kinerjad di jalan off road.

"Kami melihat cukup beragam, konsumen dual purpose dan konsumen naked bike. Ada konsumen dual purpose yang memodifikasi dengan menambahkan ban on road, karena ingin tampilan off road tapi tetap nyaman untuk harian," ujar Thomas.

"Kemudian juga ada konsumen naked bike yang memodifikasi ke arah adventure untuk semakin mendapatkan tampilan yang taft, namun juga tetap nyaman untuk berkendara jarak jauh. Jadi dengan melihat preferensi pasar yang ada saat ini, terdapat potensi baru di segmen sport pasar Indonesia. Bagaimana sebuah sepeda motor yang dapat memiliki tampilan adventure, namun tetap nyaman untuk harian, dan tangguh untuk jalan jauh," terang Thomas.

(lua/din)