Moge Langganan Patwal VVIP RI Dapat Penyegaran, Kini Lebih Responsif

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 01 Nov 2021 14:53 WIB
Polri menggunakan motor BMW K 1600 B edisi Bagger yang digunakan khusus untuk pengawalan Very Very Important Person (VVIP), yakni presiden dan ibu negara. Ini merupakan kendaraan yang mewah dan luar biasa dengan kemampuan sangat dinamis. Seperti apa kecanggihannya?
Foto: Istimewa
Jakarta -

BMW K-Series mendapat penyegaran baru. Moge ini diketahui menjadi salah satu motor dinas yang digunakan Kepolisian Republik Indonesia dalam mengawal VVIP (Very Very Important Person).

BMW langsung menyegarkan keempat modelnya: BMW K1600GT, BMW K1600GTL, BMW K1600B, dan BMW K1600 Grand. Pembaruan yang pertama, terdapat fitur "Welcome Light" atau lampu selamat datang. Selain itu BMW K-Series terbaru juga disebut memiliki fungsi "lampu depan adaptif" yang dapat berputar secara otomatis ketika berbelok sehingga penerangan lebih optimal.

BMW K-Series mengusung generasi baru dari fitur yang bernama Electronic Suspension Adjustment (ESA). Fitur ini bisa mengatur suspensi secara otomatis, pilihan juga beragam mulai untuk jalan tak rata hingga empuk. Sementara yang lain, suspensi juga bisa dibuat lebih kaku untuk mendukung cornering yang lebih stabil.

BMW K 1600 modelsBMW K 1600 models Foto: BMW Motorrad

Oiya untuk menunjang kenyamanan berkendara, BMW K-Series sekarang juga dilengkapi dengan layar warna TFT 10,25 inci baru dengan navigasi peta dan konektivitas terintegrasi.

Semakin ramah lingkungan lantaran BMW K-Series sudah sesuai dengan regulasi Euro 5. Tapi soal performa juga meningkat, alias lebih responsif. Tenaganya masih sama 118 kW (160 hp), tetapi lebih mudah dicapai yakni 6.750 rpm, lebih cepat 1.000 rpm dari generasi sebelumnya.

BMW K 1600 modelsBMW K 1600 models Foto: BMW Motorrad

Selain tenaga yang mudah diraih, motor juga lebih responsif. Sebab torsinya meningkat dari 175 Nm menjadi 180 Nm pada 5.250 rpm.

Seperti diketahui K-Series juga menjadi salah satu armada patroli dan pengawal POLRI. Misalnya K 1600 B yang biasa digunakan untuk mengawal Presiden Joko Widodo, dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

AKBP Pramono Jat, Kasiwal Subditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Pramono Jati menjelaskan alasan BMW K 1600 B jadi armada pengawalan VVIP.

"Kenapa ini digunakan untuk pengawalan VVIP, karena kami sudah mempunyai klasifikasi untuk sepeda motor untuk pengawalan VVIP di kelas 1.600-1.800 cc," kata Jati dalam video yang ditayangkan kanal YouTube NTMC Channel.

Polri menggunakan motor BMW K 1600 B edisi Bagger yang digunakan khusus untuk pengawalan Very Very Important Person (VVIP), yakni presiden dan ibu negara. Ini merupakan kendaraan yang mewah dan luar biasa dengan kemampuan sangat dinamis. Seperti apa kecanggihannya?Polri menggunakan motor BMW K 1600 B edisi Bagger yang digunakan khusus untuk pengawalan Very Very Important Person (VVIP), yakni presiden dan ibu negara. Foto: Istimewa

BMW Motorrad Indonesia telah meluncurkan BMW K 1600 B di Indonesia sejak 2017 lalu. Motor ini dijual dengan harga di atas Rp 1 miliar.



Simak Video "BMW Motorrad Rilis BMW R 18 dan R 18 Classic Model Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)