Pecinta Gowes, BMW Kenalkan Sepeda Listrik Canggih dan Pintar 'i Vision AMBY'

M Luthfi Andika, Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 08 Sep 2021 18:34 WIB
Sepeda listrik BMW i Vision AMBY
BMW i Vision AMBY Foto: doc. BMW Motorrad
Jakarta -

Dunia otomotif sepertinya bukan perihal mobil atau motor doang nih detikers, karena banyak pabrikan otomotif yang sudah mulai serius untuk menggarap berbagai kendaraan untuk para penghobi seperti sepeda.

Dikutip autoblog dan situs resmi BMW Motorrad, pada ajang Munich Motor Show 2021 BMW memperkenalkan sepeda listrik yang disapa BMW i Vision AMBY. Selain itu BMW juga memamerkan motor listrik bergaya enduro yakni Motorrad Vision AMBY.

Untuk Motorrad Vision AMBY (Adaptive Mobility), ini merupakan motor listrik yang perawakan mirip seperti sepeda, dengan tampilan bodi yang kecil namun diklaim mantap digunakan bertualang. Jika melihat desain yang disajikan motor listrik ini memiliki badan layaknya sepeda dengan ban besar agar lebih nyaman saat melakukan offroad.

Tidak kalah keren, BMW juga memperlihatkan sepeda listrik yang ciamik banget yakni i Vision AMBY. Jika dilihat dari tongkrongannya, sepeda listrik ini memiliki desain super ramping dan memiliki ban yang cukup besar demi kenyamanan saat berada di jalanan. Hebatnya, sepeda ini dibangun dari banyak bahan daur ulang.

Sepeda listrik BMW i Vision AMBYSepeda listrik BMW i Vision AMBY Foto: doc. BMW Motorrad

Baik motor listrik atau sepeda listrik BMW Motorrad ini menggunakan baterai yang sama, 2 kWh dan hanya butuh waktu 3 jam untuk mengisi hingga penuh. Baterai dan motor listrik masing-masing terselip di tengah rangka.

Karena mengusung konsep sepeda maka terdapat sebuah pedal di bagian bawah untuk mengayuh. Dengan mengayuh sepeda, hal ini dapat mengaliri tenaga yang akan disimpan dalam motor listrik.

Perusahaan otomotif asal Jerman ini menghadirkan tiga mode pilihan berkendara dengan kecepatan berbeda. Mulai dari mode 1 yang mencapai 25 km/jam, lalu mode 2 hingga 45 km/jam, dan terakhir mode 3 yang merupakan kecepatan tertinggi hingga 60 km/jam.

Namun, karena adanya regulasi soal batasan kecepatan sepeda di sejumlah negara Eropa, maka mode pilihan tersebut digunakan pada area tertentu saja. Seperti mode 1 yang digunakan pada wilayah dalam kota, lalu mode 2 dan mode 3 bisa dijalankan di luar kota.

Jangkauan dari sepeda ini juga berbeda setiap modenya. Pada pilihan mode 1 dapat menempuh jarak sampai 300 km, lalu di mode 2 mencapai 180 km, dan mode 3 sejauh 75 km.

Sepeda listrik ini semakin canggih karena dapat terkoneksi langsung dengan smartphone. BMW menghadirkan aplikasi khusus yang dapat memberikan informasi penting soal sepeda listriknya.

Selain itu, aplikasi ini juga menggunakan fitur pendeteksi wajah sebagai kunci sepeda i Vision AMBY. Hadir juga pembaruan perangkat lunak (software) melalui Over the Air agar memudahkan penggunanya dalam menerima sistem terbaru.

Sebagai informasi, BMW mengambil nama AMBY yang memiliki arti sebagai sepeda dengan mobilitas yang adaptif. Sehingga dapat memenuhi konsumen dalam menjalankan aktifitas setiap hari dan didukung teknologi mumpuni.

motor listrik BMW Motorrad Vision AMBYmotor listrik BMW Motorrad Vision AMBY Foto: doc. BMW Motorrad

Akan tetapi saat ini BMW masih enggan membocorkan berapa harga jual sepeda listrik dan motor listrik, yang baru saja diperkenalkan di Munich Motor Show 2021.



Simak Video "BMW Motorrad Rilis BMW R 18 dan R 18 Classic Model Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)