Sporty Banget! Yamaha Exciter 155 Dibalut Livery Balap Edisi 60 Tahun

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 06 Sep 2021 19:42 WIB
Yamaha Exciter 155 60th Anniversary Special Edition
Foto: Dok. Yamaha. Yamaha Exciter 155 60th Anniversary Special Edition.
Jakarta -

Yamaha Vietnam menghadirkan edisi spesial untuk motor bebek andalan mereka, Exciter 155. Yamaha Exciter 155 kini mendapat pilihan warna dan livery yang lebih sporty, mirip seperti moge-moge Yamaha.

Dari sisi eksterior, motor yang dinamakan Yamaha Exciter 155 60th Anniversary Special Edition ini hadir dengan warna dasar putih yang dikombinasikan dengan livery merah yang berbentuk garis putus-putus, memanjang dari bodi depan hingga belakang.

Selain itu, Exciter 155 edisi khusus ini juga tampil mewah berkat aksen gold atau emas yang disematkan pada fascia depan. Tak hanya itu, warna pelek motor ini juga ikut dilabur warna gold, namun dengan aksen lebih tua.

Yamaha Exciter 155 60th Anniversary Special EditionYamaha Exciter 155 60th Anniversary Special Edition Foto: Dok. Yamaha

Di luar ubahan eksterior, tak ada perubahan signifikan di Exciter 155 versi baju balap ini. Dari segi mesin misalkan, masih setia dengan mesin SOHC, 1 silinder, 155cc, 4 katup, berpendingin cairan, yang bisa menghasilkan tenaga 17,7 dk pada 9.500 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 8.000 rpm.

Sebagai pelengkap, mesin motor ini juga dibekali fitur Assist & Slipper Clutch, yang bisa meringankan pengoperasian tuas kopling dan bertugas mencegah roda belakang mengunci saat dilakukan shift down (penurunan gigi) secara ekstrem. Tak pula, ada juga teknologi VVA(Variable Valve Actuation).

Motor bebek ini juga memiliki fitur sakelar penghenti mesin (engine cut off), yang berguna untuk mematikan mesin dalam keadaan darurat tanpa harus menggunakan kunci kontak. Selain itu, di setang kiri juga sudah terdapat tombol lampu jauh (pass beam) yang biasanya hanya ada di motor sport.

Yamaha Exciter 155 60th Anniversary Special EditionYamaha Exciter 155 60th Anniversary Special Edition Foto: Dok. Yamaha

Yamaha Exciter 155 terbaru mendapatkan beberapa fitur kunci lainnya, seperti rem cakram 2 piston, panel instrumen full digital baru, soket pengisi daya 12V, hingga sistem kunci kontak keyless di varian tertingginya.

Bicara akomodasi, di bawah jok motor ini tidak ada ruang untuk menyimpan barang. Hanya ada tangki bahan bakar kapasitas 5,4 liter, yang diklaim bisa digunakan untuk menempuh jarak 265 km saat tangki terisi penuh.

(lua/din)