Ini yang Bikin All New Yamaha Nmax Nyaman Dipakai Harian hingga Touring

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 01 Sep 2021 20:34 WIB
Yamaha Nmax 155 Standard Connected
Yamaha Nmax (Rizki Pratama)
Jakarta -

All New Yamaha Nmax 155 Connected/ABS punya tongkrongan yang bongsor dan gagah. Di sisi lain, motor ini terkenal nyaman saat dipakai harian maupun touring jarak jauh.

Sejak dipasarkan pertama kali pada 2015 lalu, Yamaha Nmax dikenal dengan posisi berkendara yang relaks, kaki pun bisa selonjoran ala motor cruiser.

Bahkan Yamaha Nmax jadi bagian perjalanan inspiratif Lilik Gunawan, dan putranya, Balda. Pria yang menggunakan Yamaha Nmax dari Jambi ke Mekkah dengan jarak lebih dari 20.000 kilometer pada tahun 2020 lalu.

Tak bisa dipungkiri Yamaha Nmax sudah memiliki peminat yang besar di Tanah Air. Kepopuleran Yamaha Nmax ini pun sampai ke mancanegara. Buktinya motor rakitan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini dikirim ke 40 negara yang ada di benua Asia, Australia, Amerika, Eropa, hingga Afrika.

Yamaha Nmax 155 Standard ConnectedYamaha Nmax 155 Standard Connected Foto: Rizki Pratama

Segitiga ergonomi berkendara jadi salah satu kunci kenyamanan dari Yamaha Nmax. Kendati mengalami pembaruan pada 2020 lalu, kombinasi antara setang, posisi duduk, dan ruang pada kaki tetapmempertahankan DNA lama.

Secara dimensi All New Nmax 155 memiliki ukuran panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.160 mm, tinggi jok 765 mm. Ukuran ini membuat All New Nmax 155 terlihat bongsor tapi sejatinya mudah dikendarai. Apa rahasianya?

Hal pertama dari posisi setang. Pada All New Nmax 155 kemudi dengan mudah diraih tangan, sudut stang juga tidak terlalu menekuk, hal ini juga membuat badan lebih sigap dalam bermanuver.

Berdasarkan catatan kami, posisi duduk All New Nmax 155 ini juga tidak menurunkan kualitas dari model yang lama. Visibilitas pengendara ke speedometer terlihat jelas baik siang dan malam hari.

Kemudian bicara soal jok. Pengguna bisa leluasa mengatur posisi duduk, sebab jok dari All New Nmax 155 didesain ergonomis, panjang dan lebar. Busa jok juga empuk, apalagi pada bagian tengah terdapat lekukan atau dibuat bertingkat layaknya motor cruiser. Ini juga yang menjadi rahasia All New Nmax 155 tetap nyaman dipakai jarak jauh.

Sementara ruang pijakan kaki pada All New Nmax 155 didukung dengan dimensi yang lebar. Luasnya dek pada pijakan membuat posisi kaki terutama tungkai bisa membentuk ±90°. Opsi lain, tentu saja cruising riding position alias kaki yang bisa diluruskan tanpa ada bagian yang keluar dari body motor, sehingga pengendara bisa lebih relaks. Ini salah satu keunggulan yang dimiliki All New Nmax 155 dibandingkan kompetitornya.

All New Nmax 155 menggunakan tipe rangka underbone dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang unit swing. Sedangkan kaki-kakinya menggunakan ban lebar 110/70-13 untuk depan dan 130/70-13 untuk belakang. Dibekali ban yang lebar bakal membuat rider lebih percaya diri untuk bermanuver, ini juga turut memengaruhi pengendalian motor jadi lebih stabil.

Yamaha Nmax 155 Standard ConnectedYamaha Nmax 155 Standard Connected Foto: Rizki Pratama

Suspensi depannya juga cukup empuk dan ramah untuk jalanan tidak rata atau bergelombang. Keunggulan lain dari All New Nmax 155 ialah penggunaan suspensi belakang yang sudah menggunakan tabung.

Oiya, suspensi belakang Nmax bisa disetel preload-nya sebanyak dua level. Level 1 untuk berkendara sendiri dan level 2 saat berkendara dengan membawa beban berat atau ketika berboncengan.

Bicara kepraktisan, sudah hal lumrah melekat pada motor skutik saat ini. All New Nmax 155 juga dibekali dua bagasi tambahan di area dashboard. Kompartemen di kiri memiliki lubang soket charger 12 volt untuk bisa mengisi daya smartphone. Dan di sebelah kanan adalah kompartemen yang memiliki tutup, areanya cukup dalam bisa menampung botol 800 mili.

Sementara di balik jok, All New Nmax 155 Connected/ABS memiliki kapasitas tangki bensin 7,1 liter dan kapasitas bagasi 24 liter. Bagasi tersebut cukup untuk membawa helm full face --tipe tertentu, jaket, atau sarung tangan.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memasarkan motor ke-3 yang diluncurkan pada bulan November ini. Setelah Aerox Connected dan Nmax Standar Connected, kini Yamaha Gear bisa menjadi pilihan pemotor Indonesia.Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Selain kenyamanan dan akomodasi, pertimbangan lain dalam meminang motor skutik bongsor tentu saja urusan performa.

All New Nmax 155 menggendong mesin 4 tak, SOHC, berpendingin cairan 155 cc satu silinder dengan diameter x langkah 58 mm x 58,7 mm. Perbandingan kompresinya 11,6:1. Di atas kertas bisa memuntahkan tenaga 11,3 kW pada 8.000 rpm dan 13,9 Nm pada 6.500 rpm

Saat dijajal, berdasarkan catatan kami akan terasa tenaga yang terus mengisi dari rpm bawah, tengah hingga atas. Karakter seperti itu didapat berkat penggunaan teknologi katup variabel VVA (Variable Valve Actuation) yang bisa menjaga tenaga mesin tetap optimal di setiap rentang rpm.

Sebagai motor skutik besar, All New Nmax 155 juga dibekali fitur guna mendukung perjalanan jarak dekat ataupun jauh. Mulai dari lampu hazard, keyless, rem Anti Lock Braking System (ABS), Start Stop System (SSS), dan Traction Control System seperti di motor gede.

Fitur-fitur tersebut bisa terpantau di panel instrumen All New Nmax 155. Bisa dikatakan informasi di panel instrumennya lebih lengkap dari kompetitor terdekatnya.

Salah satu fitur superiror di All New Nmax 155 model Connected apalagi kalau bukan sistem konektivitas Y-Connect. Fitur ini bisa disambung ke smartphone melalui bluetooth. Beberapa fungsinya mengakomodir seperti notifikasi pesan dan panggilan masuk, notifikasi malfungsi motor, memantau kondisi aki dan oli mesin, mengetahui lokasi parkir terakhir, mengecek konsumsi bahan bakar, serta mengetahui posisi ranking dalam hal jarak tempuh dan eco riding. fitur Y-Connect juga memiliki fungsi Revs Dashboard yang menunjukan rpm motor serta indikator eco riding dalam tampilan yang menarik.

Nah, itu tadi beberapa keunggulan All New Nmax 155 yang bikin nyaman untuk dipakai berkendara harian atau touring. Tertarik untuk membelinya?



Simak Video "Mulai Rp 16 Jutaan, Ini Harga Yamaha Nmax dan Honda PCX Bekas"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)