Hajar Balik Kawasaki, Honda Siap Bikin CBR400RR 4 Silinder Berteknologi VTEC

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 18 Agu 2021 10:18 WIB
Rendering Honda CBR400RR bermesin 4 silinder
Honda siap bikin CBR400RR 4 silinder berteknologi VTEC. (Young Machine)
Jakarta -

Honda dikabarkan siap membuat motor sport 400cc 4 silinder berteknologi katup variabel VTEC. Motor ini diharapkan bisa menjadi lawan tangguh Kawasaki yang saat ini sedang naik daun namanya berkat motor 250cc 4 silinder, Ninja ZX-25R.

Persaingan di segmen motor sport sangatlah ketat. Pabrikan Jepang berlomba-lomba memproduksi motor terbaiknya untuk meraih atensi pecinta otomotif. Setelah Kawasaki menggebrak segmen ini dengan produk Ninja ZX-25R, kali ini giliran Honda yang dikabarkan akan membuat Honda CBR400RR.

Dikutip dari laman Young Machine, dalam waktu dekat, Honda diprediksi akan melakukan gebrakan di segmen motor sport. Hal itu merupakan respons dari diluncurkannya Ninja ZX-25R dan menguatnya rumor All New Ninja ZX-4R.

Untuk melawan kedigdayaan Kawasaki di segmen ini, tentunya Honda akan membuat suatu diferensiasi. Tidak hanya menawarkan mesin 400cc, 4 silinder, Honda juga akan menyematkan teknologi katup variabel alias VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control).

Di atas kertas, mesin itu akan memiliki spesifikasi 399cc VTEC empat silinder segaris, dengan output tenaga maksimal 56 PS pada 11.000 rpm dan torsi 39 Nm pada 9.500 rpm. Mesin DOHC 4-tak itu dibekali transmisi 6-percepatan dan diupayakan lolos standar EURO 5.

Young Machine juga menyebutkan jika motor ini nantinya akan bernama CBR400RR, bukan CBR400RR-R. Artinya peruntukkan motor ini memang untuk di jalanan umum, bukan sirkuit.

Honda sendiri memiliki keuntungan karena tidak perlu mengeluarkan uang dan riset untuk mengembangkan mesin baru. Honda akan menggunakan mesin CB400 Super Four sebagai basis pengembangannya. Hal ini diharapkan bisa mempercepat waktu produksi untuk memenuhi permintaan pasar.

Waktu peluncuran Honda CBR400RR belum bisa diprediksi. Namun perkenalan motor ini diperkirakan akan bergantung pada pergerakan Kawasaki yang mau merilis All New Ninja ZX-4R.

(lua/din)