Alasan Yamaha Tidak Kenalkan QBIX di Indonesia Ialah...

team DetikOto - detikOto
Selasa, 17 Agu 2021 19:03 WIB
Yamaha QBIX Safari Motor
Yamaha QBIX hadir di Indonesia Foto: Istimewa/Safari Motor
Jakarta -

Menyambut hari Kemerdekaan Indonesia ke-76, Importir Umum (IU) memperkenalkan si mungil Yamaha QBIX, memiliki tampilan mungil dengan kapasitas mesin 125cc motor asal Jepang produksi Thailand ini cukup menarik perhatian pecinta otomotif roda dua.

Meski demikian Yamaha Indonesia di bawah nangungan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM), mengatakan bukan tanpa alasan tidak memperkenalkan si mungil QBIX di Indonesia. Seperti yang disampaikan Manager Public Relation, YRA & Community YIMM, Antonius Widiantoro kepada detikOto.

"Berdasarkan hasil study dan survey market kami, untuk saat ini QBIX belum dapat kami pasarkan di Indonesia," kata Anton.

Sayang Anton tidak menjelaskan alasan lainnya kenapa Yamaha Indonesia tidak memperkenalkan Yamaha QBIX. Namun memastikan Yamaha Indonesia tidak bisa menerima service Yamaha QBIX, karena memang tidak menyediakan sparepart QBIX.

Saat ini, Yamaha QBIX dijual oleh Safari Motor dalam status pendaftaran uji tipe dan uji emisi. Untuk saat ini, Safari Motor mengatakan mereka hanya mendapat jatah 25 unit Yamaha QBIX dari Thailand.

Yamaha QBIX tercatat belum pernah masuk ke Indonesia secara resmi. Safari Motor bahkan mengatakan, proses memasukkan Yamaha QBIX ini ke Indonesia sudah mereka lakukan sejak 2013.

Yamaha QBIX Safari MotorYamaha QBIX Safari Motor Foto: Istimewa/Safari Motor

"Akhirnya, yang ditunggu-tunggu oleh penikmat kendaraan roda dua datang juga. Pas banget temanya lagi suasana kemerdekaan. Yamaha QBIX yang masuk warnanya merah-putih dan merah," papar Kamal Firhan, pemilik dari Safari Motor kepada detikOto, Senin (16/8/21) kemarin.

Dari 2013 sudah pada nungguin. Baru bisa masuk di 2021 ini. Masuk pun nggak banyak, kita dapat jatah hanya 25 unit," papar Kamal.

"Sekarang baru di-'acc' oleh Yamaha Thailand-nya. Kayaknya Yamaha Thailand tidak mau sembarangan impor Yamaha QBIX ini ke negara lain," papar Kamal menjelaskan proses masuknya Yamaha QBIX masuk ke Indonesia.

"Harga lagi kita 'godok' banget. Saat ini motor sample-nya sudah ada lagi di uji tipe, emisi dan lain-lain. Mungkin (Yamaha QBIX yang akan dijual) akhir bulan depan sudah mendarat di Indonesia," ujar Kamal.Sayang hingga berita ini ditayangkan, Safari Motor belum memutuskan harga Yamaha QBIX yang mereka jual ini.

Saat ini para pecinta motor matic bergaya eksotik ini dapat langsung memesan Yamaha QBIX di Safari Motor yang berlokasi di Jalan Raden Saleh No. 10A Karang Mulya, Karang Tengah, Tangerang, Banten, sambil menunggu barangnya datang konsumen bisa memberikan uang muka atau Down Payment, minimal Rp 5-10 Juta.

Yamaha QBIX Safari MotorYamaha QBIX Safari Motor Foto: Istimewa/Safari Motor


Simak Video "Spesial Kemerdekaan, Yamaha QBIX Masuk ke Indonesia Lewat Importir Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)