Harga dan Spesifikasi Moge ER6n yang Tabrak Pemotor Wanita di Bintaro

Tim detikcom - detikOto
Senin, 02 Agu 2021 12:05 WIB
Jakarta -

Kecelakaan nahas terjadi di Bintaro, Tangerang Selatan, kemarin. Pengendara motor gede (moge) Kawasaki ER6n menabrak pemotor wanita yang mengendarai Honda BeAT. Pemotor wanita tersebut meninggal dunia.

Kanit Laka Polres Tangsel, Iptu Nanda Setya Pratama, mengatakan pengendara moge Kawasaki ER6n yang menabrak pemotor wanita berusia 17 tahun. Sementara pengendara Honda BeAT berusia 50 tahun.

Polisi telah mengamankan pengendara motor gede (moge), Kawasaki ER6n, yang menabrak pemotor wanita di Pondok Aren, Bintaro, Tangerang Selatan. Pengendara moge tersebut langsung diperiksa intensif.

Kawasaki ER6n yang menabrak motor Honda BeAT ini terbilang sebagai moge yang populer dengan mesin 650 cc. Saat ini, Kawasaki tidak menjual ER6n dalam kondisi baru. Sementara di pasar motor bekas, Kawasaki ER6n masih banyak dijual.

Di beberapa situs jual beli motor bekas, Kawasaki ER6n ini dijual dengan kisaran harga Rp 70-80 jutaan. Bahkan, ada juga yang menawarkan Kawasaki ER6n dengan harga Rp 60 jutaan.

Secara spesifikasi, moge Kawasaki ER6n ini menggendong mesin empat tak berpendingin cairan, DOHC, empat katup, dua silinder 649 cc. Mesin dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.

Tenaga dari mesin itu mencapai 71 daya kuda pada 8.500 rpm dengan torsi maksimal 64 Nm pada 70.000 rpm.

Sebagai pengimbang mesin dua silinder 649 cc, Kawasaki ER6n dibekali sistem pengereman tipe cakram twin port di depan dan belakang. Moge ini menggunakan suspensi depan teleskopik 41 mm dan suspensi belakang monoshock.

Sebagai motor naked, Kawasaki ER6n memiliki setang, jok, dan pijakan kaki yang tinggi sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara jauh.

Dimensi Kawasaki ER6n yaitu 2.100 mm x 770 mm x 1.110 mm. Motor ini punya bobot 214 kg dengan kapasitas bensin 16 liter.

Sementara itu, kecelakaan yang melibatkan moge Kawasaki ER6n dengan Honda BeAT terjadi pada Minggu (1/8) pagi di depan Hotel Santika, Bintaro, Tangerang Selatan. Nanda menyebut pengendara wanita tersebut diduga mengurangi kecepatan saat hendak berbelok ke arah kiri jalan.

"Iya betul, betul itu kan ada lurus ada belok kiri, nah itu kayaknya simpang motor Beat ini itu mungkin hampir kelewat. Akhirnya tiba-tiba ngurangin kecepatan mau belok ke kiri," jelasnya.

Dari arah belakang, pengendara moge yang sedang Sunmori (Sunday morning ride) juga melintas di jalan tersebut. Lantaran kurang waspada, pengendara moge pun menabrak motor Honda Beat milik sang pengendara wanita.

"Iya jadi belakang ini moge kayaknya kurang waspada, dia agak kurang jaga jarak akhirnya dihajarlah dari belakang si motor Beat ini," kata Nanda.

Dilihat dari video yang diterima detikcom, pengendara wanita tersebut tampak tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Tidak lama kemudian, pengendara motor Kawasaki ER6N menabrak pemotor wanita dari arah belakang. Terlihat kedua motor tersebut terseret beberapa meter ke depan. Kemudian, banyak pengendara lainnya yang berhenti di tengah jalan. Pemotor wanita yang ditabrak tewas di tempat.

(rgr/din)